Apa Itu Natto!!!Lagi Viral Di Tiktok Makanan Tradisional Jepang Ini

 

Natto Makanan Tradisional Jepang
Apa Itu Natto?

Natto adalah salah satu makanan tradisional Jepang yang dibuat dari fermentasi biji kedelai  dengan Bacillus subtilis dan biasanya disantap untuk sarapan.. Sebagai sumber protein dan probiotik yang kaya, nattō dan miso dulunya merupakan sumber utama nutrisi di masa feodal di Jepang. Tidak semua orang suka makan nattō karena tidak suka bau dan aroma yang kuat, atau teksturnya yang licin. Di Jepang, Nattō paling disukai oleh orang -orang di wilayah timur, termasuk daerah Kanto, Tohoku, dan Hokkaido.

Natto biasanya disantap dengan nasi panas dicampur  kecap. Di Hokkaido dan Tohoku Utara, Nattō disajikan dengan gula. Nattō juga digunakan untuk makanan lain, seperti nattō sushi, nattō roti panggang, dalam miso, salad, sup okonomiyaki, dengan spageti, atau digoreng. Nattō kering bisa dimakan sebagai makanan ringan.

Adapun beberapa manfaat Natto itu sendiri ialah :

1.    Mengurangi Penyakit Jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan natto dapat melarutkan gumpalan darah.

Sehingga menjaga struktur pembuluh darah baik, darah mengalir dengan lancar, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Makan rutin natto juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi ketegangan di jantung yang dapat membuat orang mengalami serangan jantung.

2.    Baik Untuk Sinus

Sinusitis kronis adalah peradangan yang berkepanjangan pada sinus yang disebabkan oleh alergi, bakteri, infeksi jamur, atau asma.

Penelitian menunjukkan, enzim nattokisnase di natto atau nattochinase dapat mengecilkan polip hidung yang menyebabkan lendir yang tersumbat dan tipis.

3.    Melancarkan Metabolisme

Makan Natto memberikan keseimbangan untuk bakteri di usus, yang dikenal sebagai mikrobioma. Kesehatan usus yang terganggu, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

4.    Memperkuat sistem kekebalan

ada banyak kandungan gizi di natto yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah probiotik yang membantu menyehatkan usus dan mencegah bakteri buruk, dan meningkatkan antibodi alami.

5.    Menjaga Kesehatan Tulang

Luncurkan Healthline, kebutuhan kalsium harian sekitar 22% dapat dipenuhi dari mengonsumsi 100 gram NATTO. Tidak hanya itu, ada juga kandungan vitamin K2 di Natto.

Tahu no, vitamin K2 memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dengan mengaktifkan protein pembangun tulang yang membawa kalsium ke dalam tulang dan menyimpannya

6.    Memperpanjang Usia

Enzim nattokinase juga mampu meluncurkan aliran darah sambil mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ini telah dikaitkan oleh para peneliti dengan manfaat natto dalam memperpanjang umur manusia di seluruh dunia.

Baca Juga :

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama