apa manfaat ventilasi rumah bagi kesehatan organ pernapasan penghuni rumah - Delixnews

 

Ventilasi Image

DelixNews -- Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa kualitas udara yang buruk yang terkandung di rumah mampu memicu peningkatan penyebaran penyakit menular berbahaya bahkan pada tingkat kematian di negara -negara berkembang. Oleh karena itu, solusi untuk kondisi yang sering diabaikan dan tidak disadari adalah dengan ventilasi rumah yang baik, karena ventilasi tidak hanya membuat rumah lebih nyaman dan lebih segar, tetapi juga dapat membuat penduduk terasa lebih sehat.

Jadi jelas bahwa ventilasi udara memberikan manfaat penting bagi kesehatan penduduk DPR, bahkan termasuk dalam kriteria rumah yang sehat menurut Kementerian Kesehatan. Perubahan udara yang baik di rumah dapat meminimalkan penyebaran penyakit pada penghuni rumah. Ada 2 jenis ventilasi udara yang dapat Anda gunakan, yaitu ventilasi udara alami dan ventilasi udara mekanik.

Ventilasi udara alami, biasanya menggunakan angin masuk dan keluar melalui celah jendela atau pintu. Berikut adalah beberapa contoh ventilasi alami :

  • Ventilasi Naco, Ventilasi Jendela, Loster, Boven, Jalusi

Sementara ventilasi udara buatan (mekanik) akan menggunakan alat seperti kipas yang membantu pertukaran udara di dalam ruangan. Contoh ventilasi buatan adalah sebagai berikut:

  • Ventilasi Dinding, Ventilasi Industri, Ventilasi Pembuangan

Pada pandangan pertama, ventilasi memiliki fungsi untuk mengalirkan udara yang berasal dari dalam dari luar ruangan dan sebaliknya, sehingga ada udara sehat untuk dihirup oleh penghuni rumah. Selain itu, ventilasi juga memainkan peran penting dalam mengeluarkan polusi yang menetap di rumah. 

Sirkulasi udara yang terjadi karena ventilasi akan menciptakan ketersediaan udara segar untuk bernafas dan juga polusi rendah dengan tujuan agar kelembaban dan suhu ruangan menjadi nyaman bagi penghuni rumah. Ventilasi yang baik memiliki faktor -faktor penting yang memiliki banyak dampak, tidak hanya untuk kegiatan dan produktivitas penghuninya, tetapi juga untuk mengurangi penyebaran penyakit yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan.

Manfaat untuk penggunaan ventilasi udara

Sehingga rumah dapat menyediakan udara segar setiap hari, perlu untuk bertukar udara di dalam ruangan di luar ruangan. Oleh karena itu penggunaan ventilasi udara dapat membantu sirkulasi udara terjadi dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat dari ventilasi udara yang perlu Anda ketahui.

  • Tempat Keluar nya Polusi Dari Rumah

Jadi Apa manfaat sebuah ventilasi rumah untuk kesehatan organ pernapasan bagi penghuni rumah? Salah satunya adalah mengeluarkan polusi di rumah. Jangan salah, polusi juga dapat terjadi di rumah. Agar organ pernapasan menghirup polusi udara kotor, diperlukan ventilasi sehingga udara kotor dapat berubah dengan udara bersih.

 

  

  • Menjaga Kelembapan Rumah

Anda perlu tahu bahwa ruang yang lembab dapat memfasilitasi pengembangan jamur dan bekteri berbahaya. Penggunaan ventilasi rumah adalah untuk mempertahankan kelembaban rumah agar tidak menjadi sarang jamur. Rumah lembab selain berdampak pada kesehatan penghuninya, juga dapat berdampak pada rumah Anda.

Berbagai furnitur di rumah akan dengan cepat membusuk jika kondisi rumah itu lembab. Ini juga dapat mengundang serangga untuk masuk ke rumah, misalnya rayap. Rayap seperti kondisi rumah yang lembab. Ventilasi rumah yang baik juga akan menghilangkan bau yang timbul dari rumah terlalu lembab.

  •  Cahaya Matahari Dapat Masuk Ke Rumah

Manfaat selanjutnya dari ventilasi udara adalah membantu masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Selain baik untuk kesehatan tubuh, sinar matahari juga baik untuk mengendalikan suhu di udara sehingga tidak dingin karena lembab. Anda dapat membuka jendela dan pintu dari pagi hingga sore, sehingga cahaya dapat memasuki rumah. Keberadaan sinar matahari juga dapat membantu menghemat energi. Anda dapat mematikan lampu di siang hari, karena telah dibantu oleh pencahayaan alami.

  

  • Menekan Penyebaran Penyakit

Fungsi terpenting dari ventilasi rumah adalah mengganti udara kotor di ruangan dengan udara bersih dari luar. Seperti yang dilaporkan oleh Alodokter, yang menyatakan bahwa kualitas udara di rumah miskin dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan peningkatan penyebaran penyakit menular. Ini juga merupakan penyebab kematian di negara -negara berkembang.

Kami mengambil contoh jika salah satu anggota keluarga mengalami flu, maka cepat atau lambat ada anggota lain yang terinfeksi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kualitas udara di dalam yang telah dicampur dengan virus dan bakteri tidak dapat keluar. Sehingga dapat dengan mudah dihirup oleh anggota keluarga lain dan meningkatkan risiko cairan.

Tetapi dengan adanya ventilais yang baik, itu bisa diantisipasi. Udara yang telah dicampur dengan virus dan bakteri dapat diganti dengan udara segar. Jadi itu akan meminimalkan penghuni rumah lain yang terinfeksi penyakit karena menghirup udara kotor.

  • Meminimalisir Dampak Negatif VOC

Ventilasi udara juga memberikan manfaat untuk meminimalkan dampak negatif dari VOC. VOC (senyawa organik yang mudah menguap) dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga. Konsentrasi tinggi dalam VOC bisa berbahaya bagi kesehatan, jika dihirup terus menerus. Oleh karena itu, keberadaan ventilasi udara dapat membantu mengganti udara yang penuh dengan VOC ini ke udara yang lebih bersih.

Dari beberapa manfaat di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan ventilasi udara yang memadai dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan penghuni rumah. Jadi pastikan rumah Anda memiliki asupan ventilasi yang memadai, apakah menggunakan ventilasi alami atau ventilasi buatan (mekanik).

Baca Juga : maag disebabkan oleh - Artikel I Delixnews.com 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama