Apakah Penyakit Bronkitis Menular?Simak Penjelasan Lengkapnya

Bronkitis Image

 Delixnews -- Bronkitis adalah peradangan tenggorokan (bronkus) (saluran udara di paru -paru). Penyakit ini biasanya ringan dan pada akhirnya akan sembuh dengan sempurna. Tetapi pada pasien yang memiliki penyakit kronis (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru -paru) dan pada usia tua, bronkitis bisa serius.

Penyebab Bronkitis

Bronkitis infeksius disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri, serangan bronkitis dapat terjadi pada perokok dan penyakit penderita paru -paru dan saluran pernapasan kronis. Bronkitis dapat disebabkan oleh:

  • Berbagai jenis debu
  • Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida, bromin
  • Polusi Udara yang memicu iritasi ozon dan nitrogen dioksida
  • Tembakau dan rokok lainnya.
  • Polutan yang mengandung hidrokarbon aromatik poliklik (PAH), seperti asap knalpot dan asap pembakaran sampah

Gejala Bronkitis

Gejala dalam bentuk:

  •     batuk dengan dahak (dahak bisa kemerahan)
  •     Sesak napas saat berolahraga sedang atau berolahraga ringan
  •     Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
  •     batuk
  •     lelah
  •     pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan kaki kiri dan kanan
  •     Wajah, telapak tangan atau selaput lendir kemerahan
  •     Pipi terlihat kemerahan
  •     sakit kepala
  •     gangguan penglihatan.

Bronkitis menular sering dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung berair, kelelahan, kedinginan, nyeri punggung, nyeri otot, demam ringan dan sakit tenggorokan.


 

Batuk biasanya menandai awal bronkitis. Awalnya batuk itu bukan dahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan melantur volume, dengan warna kuning atau hijau.

Pada bronkitis parah, setelah sebagian besar gejala lain membaik, kadang-kadang demam tinggi terjadi selama 3-5 hari dan batuk dapat berlarut selama beberapa minggu.

Sesak pada napas terjadi ketika saluran udara terhalang. Sering ditemukan suara pernapasan mengi, terutama setelah batuk. Pneumonia dapat terjadi.

Adapun Bronkitis dibedakan menjadi dua Tipe, yaitu :

  • Bronkitis akut: Jenis bronkitis ini adalah yang paling umum. Terjadi karena udara dingin atau infeksi pernapasan lainnya. Insiden itu pendek dan disebabkan oleh virus.
  • Bronkitis kronis: Bronkitis ini lebih serius, dan disebabkan oleh iritasi karena paparan asap atau bahan kimia lainnya. Bronkitis kronis juga dapat terjadi karena merokok
Iklan
Apakah Bronkitis Menular?

Bronkitis menular atau tidak terlalu tergantung pada penyebab dan jenis masalah kesehatan.

Pelaporan dari Healthline, bronkitis disebabkan oleh infeksi virus seperti flu, salesma, dan infeksi saluran pernapasan atas biasanya menular. Sedangkan bronkitis akut akibat pertusis bordetella, streptokokus, dan infeksi bakteri pneumonia mikoplasma juga menular.

Namun, jenis bronkitis akut ini relatif jarang dibandingkan dengan bronkitis akut karena infeksi virus. Sementara itu, bronkitis kronis disebabkan oleh merokok, paparan polusi, asap, atau cairan berbahaya selama bertahun -tahun umumnya tidak menular.

Memang, penderita bronkitis kronis akan mengalami gejala batuk tidak sembuh. Tetapi, asalkan tidak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, penyakit ini umumnya tidak menular.

Bagaimana Penyakit Bronkitis Menular?

Bronkitis akut akibat infeksi virus atau bakteri dapat ditularkan melalui cairan dari saluran pernapasan atau tetesan mengandung kuman.

Tetesan ini dapat menyebar dari penderita ke orang -orang di sekitarnya ketika penderita batuk, bersin, atau berbicara dengan cepat.

Baca Juga : Cara Mengobati Paru-Paru Secara Alami Dengan Bahan - Bahan Dapur  

Seseorang juga dapat mengontrak bronkitis akut saat berjabat tangan atau melakukan kontak dekat dengan penderita yang terinfeksi penyakit ini.

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti orang dengan penyakit kronis, orang tua, dan anak -anak kecil lebih rentan terhadap kontrak bronkitis akut, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Jenis bronkitis akut ini biasanya menular dalam seminggu hingga 10 hari, ketika kuman yang menyebabkan penyakit masih berkembang biak dan menginfeksi tubuh.

Setelah mendengarkan penjelasan apakah bronkitis menular atau tidak di atas, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan agar tidak tertular penyakit ini. Triknya, gunakan topeng saat berisiko, sering mencuci tangan, dan kontak yang cermat dengan penderita batuk.

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama