Diabetes Tipe 1 ini Dia Ciri-Cirinya, Waspada Gula Darah Naik

 

Diabetes Tipe 1

DelixNews - Beberapa ciri diabetes tipe 1 di atas biasanya muncul secara mendadak, American Diabetes Association melaporkan. Selain itu,  gejala diabetes tipe 1 ini dapat muncul setelah  infeksi virus. Pasien biasanya  mengalami onset ketoasidosis diabetik yang tiba-tiba. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi dan tubuh tidak mampu mengambil nutrisi karena kekurangan hormon insulin.  Tubuh kemudian memecah lemak dan otot untuk  energi. Akibatnya, menumpuk dalam darah dan urin. Gejala ketoadosis diabetik sebelum timbulnya karakteristik diabetes tipe 1  termasuk menghirup bau manis, buah, sesak napas, dan muntah. 


Dalam kondisi ini, bantuan medis harus  diberikan kepada pasien tanpa penundaan. Perlu diingat bahwa beberapa pasien mungkin mengalami gejala diabetes tipe 1. Kondisi ini biasanya terjadi segera setelah  terapi insulin. Dikenal sebagai bulan madu bagi penderita diabetes tipe 1, tahap ini berlangsung dari seminggu hingga satu tahun setelah memulai suntikan insulin secara teratur. Namun, perlu diingat bahwa tidak adanya ciri-ciri diabetes tipe 1 di atas tidak menjamin bahwa penyakit tersebut akan sembuh. Tanpa pengobatan, pasien akan tetap merasakan gejala penyakit suatu hari nanti, karena pankreas telah rusak.

Tips kesehatan

Bagaimana cara meningkatkan kesadaran akan penyakit  yang dikenal dengan diabetes juvenil ini? Salah satu caranya adalah dengan mengenali beberapa ciri diabetes tipe 1:

-          Merasa haus lebih  dari biasanya

-          Berlebihan atau sering buang air kecil, terutama pada malam hari

-          Sering lapar Ketika kita merasa sudah cukup makan

-          Penurunan berat badan yang terjadi tanpa alasan yang jelas

-          Sering mudah tersinggung, lebih sensitif, atau dalam suasana hati yang buruk

-          Sering merasa kelelahan padahal waktu istirahat sudah cukup 

-          Gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur atau bayangan

Diabetes tipe 1 biasanya berkembang sejak anak -anak, remaja, atau pada usia muda. Namun, tidak jarang penyakit ini muncul pada orang dewasa atau orang yang relatif tua.

Waktu munculnya gejala diabetes tipe 1

Beberapa ciri diabetes tipe 1 di atas biasanya muncul secara tiba-tiba atau tiba-tiba, lapor American Diabetes Association. Selain itu,  gejala diabetes tipe 1 dapat muncul setelah  infeksi virus. Pasien biasanya  mengalami onset ketoasidosis diabetik yang tiba-tiba. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi dan tubuh tidak mampu mengambil nutrisi karena kekurangan hormon insulin.  Tubuh kemudian memecah lemak dan otot untuk  energi.

Akibatnya,  kotoran menumpuk dalam darah dan urin. Gejala ketoadosis diabetik sebelum timbulnya karakteristik diabetes tipe 1  termasuk menghirup bau manis, buah, sesak napas, dan muntah. Dalam kondisi ini, bantuan medis harus  diberikan kepada pasien tanpa penundaan. Perlu diingat bahwa beberapa pasien mungkin mengalami gejala diabetes tipe 1. Kondisi ini biasanya terjadi segera setelah  terapi insulin. Dikenal sebagai bulan madu bagi penderita diabetes tipe 1, tahap ini berlangsung dari seminggu hingga satu tahun setelah memulai suntikan insulin secara teratur. Namun, perlu diingat bahwa tidak adanya ciri-ciri diabetes tipe 1 di atas tidak menjamin bahwa penyakit tersebut akan sembuh. Tanpa pengobatan, pasien akan tetap merasakan gejala penyakit suatu hari nanti, karena pankreas telah rusak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama