Mastitis Payudara Adalah? Pelajari Penyebab serta Penanganan Gejala Pada Ibu Menyusui

 

Delixnews.artikelinstan.com, Peradangan jaringan payudara atau yang biasa disebut mastitis sering dialami oleh ibu menyusui sehingga menjadi hambatan bagi mereka dalam memberikan ASI kepada bayi. Penyebab mastitis dapat terjadi karena infeksi bakteri dan saluran ASI yang tersumbat. Tetapi ada juga faktor -faktor lain yang dapat meningkatkan risiko peradangan payudara, termasuk luka pada puting, penggunaan bra yang terlalu kencang, menyusui dengan hanya satu payudara, menyusui tidak teratur, kelelahan, memiliki kebiasaan merokok, kekurangan gizi, dan memiliki Sistem kekebalan tubuh lemah karena menderita penyakit seperti diabetes.

Mastitis biasanya hanya terjadi di salah satu payudara penderita dan muncul tiba -tiba. Gejala umum muncul pada penyakit ini termasuk memar kemerahan, sering kali gatal, terasa sakit saat menyusui, payudara tidak mengeluarkan susu, puting payudara yang menghilangkan nanah, ada benjolan di area payudara dan lingkungannya seperti di ketiak atau ketiak Leher, ukuran salah satu payudara lebih besar, dan sering merasa lelah. Gejala ini juga mirip dengan gejala tumor atau kanker payudara. Jika seorang ibu menemukan gejala -gejala ini, ia harus melakukan pemeriksaan diri kepada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 Iklan!!!


 

Penyebab Mastitis

Tak hanya pada ibu menyusui gejala mastitis itu terjadi namun pada ibu yang tidak menyusui pun bisa terjadi. Penyebabnya ialah sebagai berikut:

v  Posisi mulut bayi tidak benar saat menyusui

v  Bayi tidak cukup menyusui

v  Pengeluaran ASI yang tidak dilakukan secara teratur

v  Asi yang diproduksi terlalu banyak

v  Proses penyapihan terlalu cepat

v  Terlalu sering menyusui dari satu payudara

v  Sementara penyebab wanita yang tidak menyusui termasuk:

v  Terjadinya cedera pada payudara

v  Daya tahan rendah

v  Mempunyai penyakit seperti diabetes, penyakit kronis, atau HIV/AIDS

v  Cukur atau tarik bulu di sekitar puting

v  Penindikan di payudara

v  Instalasi implant

 

Penanganan Mastitis

Adapun cara sederhana untuk menangani gejala mastitis sebagai berikut ini :

v  Kompres hangat pada payudara yang mengalami infeksi, lakukan 15 menit sebanyak 4 kali sehari

v  Konsumsi penghilang rasa sakit

v  Banyak istirahat

v  Konsumsi makanan sehat

v  Hindari menggunakan pakaian terlalu ketat

v  Pijat area payudara untuk meluncurkan penyumbatan yang terjadi

 

Apakah Sudah Cukup Jelas!!

Jika keterangan diatas kurang begitu akurat maka penulis menyarankan untuk selalu konsultasi kepada dokter yang menurut anda sangat berkompeten di bidangnya untuk mendapatkan diagnose serta penanganan yang sesuai.

 

Delixnews.artikelinstan.com, Demikian ulasan yang telah kami berikan salam sehat dan tetap jaga pola hidup sehat!!! Semoga Bermanfaat.


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama