Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya - Delixnews

Manfaat Ketumbar dan Efek Sampingnya

Ketumbar ialah tumbuhan rempah-rempah yang dapat digunakan jadi obat herbal. Jumlahnya faedah ketumbar untuk kesehatan badan bikin tumbuhan ini kerap dipakai dalam penyembuhan tradisionil.


Ketumbar miliki nama latin Coriandrum sativum. Tanaman ini miliki daun ketumbar serta biji ketumbar yang kerap digunakan dalam menggarap bermacam jenis suguhan. Daun ketumbar kerap dipakai secara utuh, dan bijinya dikeringkan lalu dilembutkan. Dalam penyembuhan tradisionil, daun ataupun biji ketumbar miliki beberapa faedah untuk kesehatan badan.

Artikel ini secara spesifik dapat membicarakan bermacam jenis faedah ketumbar untuk kesehatan badan. Berikut penuturannya.

Iklan
 

Beberapa Manfaat Ketumbar

Ketumbar ialah tumbuhan yang banyak digunakan jadi bumbu masakan di beberapa jenis suguhan. Tumbuhan ini punya kandungan beberapa senyawa serta zat gizi yang bagus untuk kesehatan badan. Tersebut sejumlah faedah ketumbar yang dapat dirasa oleh badan.

  • Turunkan Persentase Gula Darah

Gula darah tinggi dapat mempertingkat kemungkinan penyakit diabetes melitus. Keadaan ini dapat dikerjakan dengan mengkonsumsi biji ketumbar.Mencuplik dari jurnal Coriandrum sativum - Mechanism of Hypoglycemic Action oleh S Leelamma, dkk konsentrat biji ketumbar serta minyaknya turunkan persentase gula darah dengan mempertingkat kegiatan enzim tertentu yang dapat menolong kurangi persentase glukosa pada darah.

  • Mempertingkat Skema Kekuatan Badan

Ketumbar miliki beberapa senyawa, seperti terpinene, quercetin, serta tokoferol yang dapat berperanan jadi anti-oksidan. Anti-oksidan ini dapat menghambat berlangsungnya kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Senyawa-senyawa itu memiliki fungsi untuk mempertingkat skema kekuatan tubuh serta menolong menentang pembengkakan yang terjadi dalam tubuh.

  • Jaga Kesehatan Jantung

Persentase cholesterol serta tekanan darah yang tinggi dapat beresiko untuk kesehatan jantung. Mencuplik dari jurnal Indian Spices for Healthy Heart - An Overview oleh Hannah R Vasanthi serta R.P Parameswari, ketumbar dapat turunkan persentase cholesterol jahat serta tekanan darah yang tinggi pada tubuh. Konsentrat ketumbar terdapat sifat diuretik yang menolong badan dalam menanggulangi kelebihan natrium. Ini dapat menolong turunkan tekanan darah. Di pasien cholesterol tinggi, ketumbar dapat digunakan untuk turunkan persentase cholesterol jahat serta mempertingkat persentase cholesterol baik.

  • Menghambat Problem Di Otak

Ketumbar punya kandungan beberapa zat aktif yang terdapat sifat jadi antiinflamasi yang bisa menanggulangi pembengkakan, termaksud pembengkakan di otak. Beberapa penyakit otak, termaksud Parkinson, alzheimer, serta multiple sclerosis kerap dipautkan dengan pembengkaka. Konsentrat ketumbar dapat membuat perlindungan otak dari kerusakan sel saraf karena faktor-faktor, seperti kontraksi yang diinduksi oleh obat. Ketumbar bermanfaat juga dalam mengatur kegelisahan.

  • Memperlancar Pencernaan

Menurut Shyamapada Mandal serta Manisha Mandal dalam Coriander (Coriandrum sativum L.) Essential Oil, minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat memperlancar serta mempertingkat peranan di skema pencernaan. Beberapa tetes minyak ketumbar yang dimakan sejumlah 3x satu hari bisa turunkan rasa sakit pada perut, menanggulangi merasa tidak nyaman serta kembung di perut, dan mempertingkat gairah makan.

  • Menentang Infeksi

Faedah ketumbar lalu menentang infeksi. Ketumbar punya kandungan senyawa antimikroba yang dapat menolong dalam menentang infeksi dari penyakit tertentu, utamanya infeksi yang diusung sama makanan tertentu. Mencuplik dari web Centers for Disease Kontrol and Prevention, senyawa dalam ketumbar yang disebutkan dodecenal dapat digunakan untuk menentang bakteri pada makanan, seperti Salmonella yang dapat mengundang problem pencernaan serta penyakit yang lain.

  • Membuat perlindungan Kesehatan Kulit

Salah satunya faedah ketumbar ialah dapat membuat perlindungan kesehatan kulit, termaksud menanggulangi ruam enteng serta dermatitis. Ketumbar miliki senyawa yang bisa menangi ruam serta tanda-tanda di problem kulit yang lain.
Anti-oksidan dalam konsentrat ketumbar dapat menolong menghambat kerusakan sel yang sebabkan penuaan kulit dan kerusakan kulit karena radiasi ultraviolet B.
Beberapa orang menggunakan juice daun ketumbar untuk menanggulangi problem kulit, seperti jerawat, pigmentasi, kulit berminyak, atau kulit kering.

  • Menghambat Kanker

Diambil dari jurnal Antioxidant Activity of Spices and Their Impact on Human Health: A Kajian oleh Alexander Yashin, dkk, senyawa terpinene, quercetin, serta tokoferol dalam ketumbar miliki pembawaan antikanker yang dapat menghambat timbulnya kanker. Senyawa-senyawa itu terdapat sifat anti-oksidan yang bisa membatasi perkembangan sel kanker, seperti kanker di paru-paru, prostat, payudara, serta usus besar.

Baca Juga : Efek Samping : Teh Lemon Ternyata Dapat Memberikan Efek Samping  Kepada Orang Dengan Kondisi Seperti ini

Trik Menggarap Ketumbar

Ketumbar bisa dimakan jadi bumbu makanan yang ditambahi di suguhan atau minuman. Disamping itu, ketumbar bisa pula menjadi minyak fundamental yang diambil dari konsentrat ketumbar. Trik menggarap ketumbar untuk jadi minyak ialah berikut ini:

  1. Siapkan 50 gr gelas biji ketumbar serta 150 gr minyak netral, seperti minyak kanola. 
  2. Lunakkan biji ketumbar setelah itu campur biji ketumbar yang sudah dilembutkan dengan minyak.
  3. Ubah minyak ketumbar ke topeles bersih serta tutup permukaan atasnya. 
  4. Nantikan waktu dua hari biar ramuan dapat teresap ke minyak. 
  5. Selanjutnya, saringlah ramuan yang sudah didiamkan untuk pisahkan minyak serta partikel rempahnya.

Ketumbar bisa pula dimakan jadi air rebusan dengan rebus biji ketumbar sampai mendidih. Dinginkan waktu satu malam lalu pisah air dengan ketumbar. Air rebusan biji ketumbar lantas siap dimakan.

Baca Juga : Cara Pencegahan Diare Yang Sangat Tepat

Profile Gizi serta Arahan Penyuguhan Ketumbar

Ditulis dari verywellfit.com, satu sendok teh biji ketumbar siapkan seputar 5 kalori, 1 karbohidrat (beberapa berbentuk serat), serta kurang dari 1 gr lemak dan protein. Rempah-rempah seperti ketumbar akan mempertingkat konsumsi kalsium Anda (12,4 mg, atau 0,01% dari konsumsi harian yang disarankan) dan berperan di konsumsi kalium (22,2 mg, atau 0,005% RDI).

Ada pula sebagian kecil magnesium (5,8 mg; 0,02% RDI) serta fosfor (7,2 mg; 0,01% RDI) pada suatu sendok teh rempah-rempah ini. Ada kurang dari 1 kalori dalam seperempat cangkir daun ketumbar serta kurang dari 1 gr karbohidrat, protein, atau lemak.

Ketumbar fresh (atau daun ketumbar) mesti dibeli di pucuk kesegarannya. Daun mesti mempunyai warna hijau ceria serta tidak layu. Sehabis dibeli, taruh di almari es biar terus fresh waktu seputar 1 minggu. Anda dapat pakainya dalam masakan atau rebusnya untuk diminum airnya.

Bila Anda beli ketumbar berbentuk biji, ketumbar mesti ditaruh dalam tempat kedap udara serta ditaruh pada tempat kering yang sejuk. Bumbu ini dapat terus fresh serta bertahan waktu dua sampai 3 tahun.

Ketumbar punya kandungan fokus tinggi fitonutrien, senyawa fenolik, serta flavonoid. Sebab terdapatnya senyawa itu, biji ketumbar bisa menolong turunkan gula darah serta cholesterol, dan daun ketumbar bisa menolong bersihkan badan dari toksin.

Menurut pengamatan, ketumbar punya kandungan:

  • Vitamin A, C, serta E 
  • Serat makanan 
  • Kalium, zat besi, asam folat, magnesium, serta kalsium

Ketumbar miliki kandungan lemak bosan serta cholesterol yang rendah. Nilai kalorinya yang rendah serta bermacam faedah kesehatannya sudah berperan di ketenaran tanaman yang ini di dunia kesehatan herbal.

Baca Juga : Apakah Penyakit Bronkitis Menular?Simak Penjelasan Lengkapnya

Effect Samping Minum Air Ketumbar

Selainnya faedah sebaiknya untuk kesehatan yang mengagetkan, ketumbar miliki beberapa dampak yang peru jadi perhatian. Di bawah ialah 5 dampak minum air ketumbar yang peling prospektif untuk menggempur.

  • Reaksi alergi

Sebagian orang kemungkinan alergi kepada daun ketumbar, serta minum ramuannya bisa sebabkan tanda-tanda seperti gatal-gatal, bengkak paras, bengkak kerongkongan, diare kronis, sakit pada perut, serta kulit yang menggelap.

  • Sakit pada perut

Orang yang mengkonsumsi lebih pada 200 g konsentrat daun ketumbar waktu 1 minggu mengeluh terdapatnya gas, sakit pada perut, kram perut, muntah serta, dalam beberapa kasus, diare.

  • Tanda-tanda serupa flu

Menurut FDA, ketumbar ialah pemicu atas beberapa endemi Cyclospora di Amerika Serikat dalam sekian tahun terakhir. Parasit Cyclospora cayetanensis sebabkan penyakit, yang sebabkan penyakit usus dengan tanda-tanda seperti flu.

  • Pendarahan

Ketumbar bisa memerlambat atau membatasi pembekuan darah. Dengan demikian, konsumsi berlebih bisa sebabkan pendarahan ke orang yang miliki condong pendarahan atau problem pembekuan.

  • Merasa tidak nikmat

Meskipun bukan dampak, beberapa orang yang bawa gen OR6A2 kemungkinan tidak menggemari daun ketumbar sebab rasanya yang seperti sabun untuk mereka.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama