umur menopause wanita indonesia - Delixnews.Artikelinstan.com

@bbc.com

Usia Menopause Wanita Indonesia


Menopause yakni sesi yang tak dapat dicegah wanita bersamaan bertambahnya umur. Tetapi, sebelumnya seorang wanita alami menopause atau berhentinya menstruasi, mereka dapat merasakan terlebih dulu masa peralihan ke arah menopause. Proses ini dikenali dengan perimenopause.

Perimenopause normalnya terjadi waktu 4 sampai sepuluh tahun sebelumnya seorang wanita alami menopause . Sehingga, sejak masuk umur 30 sampai 40 tahun keadaan ini dapat dihadapi wanita. Gejala-gejala yang dapat dirasa, ialah perputaran menstruasi yang tak teratur serta hot flashes.

Apa Saja yang Dapat Berlangsung di Wanita Waktu Perimenopause?

Waktu masa ini, badan wanita bisa merasakan tanda-tanda lain hasil dari transisi persentase hormon pada tubuh. Tetapi, keadaan yang sangat umum yakni perputaran menstruasi tak teratur, seperti menstruasi yang datang lebih bisa cepat atau mungkin lebih pelan, atau menstruasi yang terjadi lebih singkat atau mungkin lebih lama.

Baca Juga : menopause dini pada wanita

Bahkan juga, makin seorang wanita dekati menopause, menstruasi yang semestinya berlangsung dapat makin jarang-jarang.

Tak cuma itu, gejala-gejala lain berkaitan perimenopause, salah satunya:

  1. Hot flashes atau kesan panas atau kepanasan yang dapat tampak secara tiba-tiba.
  2. Masalah tidur, seperti timbulnya keringat berlebihan waktu malam.
  3. Transisi kondisi hati, seperti gampang tersinggung. Keadaan ini sebabkan penambahan resiko berlangsungnya stres.
  4. Masalah kognitif, umpamanya susah fokus atau gampang lupa.
  5. Sakit di kepala yang kerapkali tampak di era awalnya perimenopause.
  6. Ngilu saat berhubungan intim, karena menurunnya cairan pelumas vagina, maka dari itu direkomendasikan untuk memanfaatkan pelumas tambahan.
  7. Pengurangan nafsu seksual serta kesuburan.
  8. Pelapukan tulang yang menambah resiko terserang osteoporosis.
  9. Transisi persentase cholesterol, ialah bertambahnya persentase cholesterol jahat (LDL) serta berkurangnya persentase cholesterol baik (HDL).


Apakah ada Unsur Resiko dari Perimenopause?

Menopause serta perimenopause yakni hal yang biasa ada di wanita. Tetapi, ada pula hal yang membikin seorang wanita lebih bisa cepat merasakan perimenopause, salah satunya:

  1. Histerektomi. Jikalau seorang wanita pernah mengerjakan pengangkatan kandung atau histerektomi, karena itu dia dapat merasakan proses menopause yang lebih bisa cepat. Apa lagi apabila saat proses pengangkatan ini, ke-2  indung telur (ovarium) ikut pula diangkat.
  2. Unsur Turunan. Mereka yang punya bagian keluarga dengan kisah menopause awal makin lebih terdapat resiko alami keadaan mirip.
  3. Tradisi Merokok. Apabila wanita punya tradisi ini, karena itu kali saja dia merasakan menopause 1-2 tahun lebih cepat ketimbang wanita yang tak merokok.
  4. Penyembuhan Kanker. Karena penyembuhan kanker, seperti kemoterapi atau radioterapi di wilayah panggul bisa sebabkan menopause awal.
Iklan

Kompleksitas dari Perimenopause

Biarpun alami berlangsung di wanita, tetapi keadaan ini kali saja sebabkan tanda-tanda yang makin kritis serta mengusik. Maka dari itu kompleksitas dari perimenopause tak dapat terhindar. Beberapa penyakit yang resiko berlangsungnya bisa bertambah sehabis wanita alami menopause, salah satunya:

  1. Depresi;
  2. Osteoporosis;
  3. Penyakit jantung;
  4. Penyakit Alzheimer.

Penting untuk bertanya keadaan kesehatan secara teratur, apa lagi apabila beberapa gejala meresahkan mulai kamu alami. Tak cuma itu, kamu pula butuh waspada saat memanfaatkan terapis alternatif hormon estrogen untuk menanggulangi tanda-tanda perimenopause, karena obat ini terdapat resiko sebabkan kanker payudara apabila disantap tanpa ada pemantauan dokter.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama