Cara Mendaftarkan IMEI iPhone yang Dibeli dari Luar Negeri lewat E-CD Bea Cukai

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone yang Dibeli dari Luar Negeri lewat E-CD Bea Cukai

30 Desember 2022
Cara Mendaftarkan IMEI iPhone yang Dibeli dari Luar Negeri lewat E-CD Bea Cukai

Beli iPhone di luar negeri menjadi opsi yang memikat karena harga kemungkinan tambah murah dibanding pada harga di pasar Indonesia. Tetapi, ada banyak hal yang penting jadi perhatian saat sebelum beli iPhone di luar negeri, satu diantaranya ialah permasalahan IMEI.

IMEI (International Mobile Equipment Identity) ialah nomor unik yang ada pada tiap piranti mobile yang tercatat di database internasional. IMEI ini bermanfaat untuk mengenali piranti mobile dan pastikan jika piranti itu tidak sebagai piranti yang terlarang atau ilegal.

Bila Anda beli iPhone di luar negeri, karena itu Anda perlu mendaftar IMEI iPhone itu ke E-CD Bea Cukai. E-CD (Elektronik Kargo Declaration) ialah mekanisme electronic yang diatur oleh Bea Cukai untuk mengurus jalan raya barang import di Indonesia. Dengan mendaftar IMEI iPhone Anda ke E-CD Bea Cukai, Anda bisa pastikan jika iPhone yang Anda membeli tercatat dengan cara resmi di Indonesia dan tidak sebagai piranti yang ilegal.

Cara Mendaftar IMEI Iphone

Berikut beberapa langkah yang penting Anda kerjakan untuk mendaftar IMEI iPhone Anda melalui E-CD Bea Cukai:
  1. Yakinkan jika Anda telah mempunyai nomor IMEI iPhone yang ingin Anda daftarkan. Nomor IMEI bisa diketemukan pada dus iPhone atau pada piranti tersebut.
  2. Membuka situs E-CD Bea Cukai (https://ecd.beacukai.go.id/).
  3. Pada halaman khusus, click tombol "Daftar Baru" pada bagian atas kanan monitor.
  4. Isilah data diri Anda sesuai data yang tercantum pada KTP atau SIM Anda. Janganlah lupa untuk masukkan nomor IMEI iPhone Anda pada kolom yang disiapkan.
  5. Sesudah usai isi data diri, click tombol "Kirim".
  6. Tunggu hingga mekanisme E-CD Bea Cukai mengirim verifikasi registrasi ke e-mail Anda. Apabila sudah terima verifikasi, karena itu proses registrasi IMEI iPhone Anda sudah usai.
Itulah langkah mendaftar IMEI iPhone yang Anda membeli di luar negeri melalui E-CD Bea Cukai. Ingat jika mendaftar IMEI iPhone ialah poin penting untuk pastikan jika piranti itu tercatat dengan cara resmi di Indonesia dan tidak sebagai piranti yang ilegal.


Disamping itu, dengan mendaftar IMEI iPhone Anda, Anda dapat menghindar permasalahan yang kemungkinan muncul di masa datang, seperti saat Anda ingin memakai service operator mobile di Indonesia atau saat Anda ingin jual piranti itu ke seseorang.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Iphone Luar Negeri

Sebagai tambahan, bila Anda ingin beli iPhone di luar negeri, ada banyak hal yang lain penting diingat, misalnya :
  • Yakinkan jika iPhone yang Anda membeli sebagai piranti yang sah dan tidak sebagai piranti yang dipasarkan secara ilegal.
  • Bila memungkinkannya, belilah iPhone dari sumber yang paling dipercaya dan tidak menyangsikan.
  • Yakinkan jika iPhone yang Anda membeli mempunyai garansi sah dari Apple.
  • Lihat ongkos pajak dan bea masuk yang perlu dibayar saat iPhone Anda datang di Indonesia. Bila ongkos itu terlampau tinggi, karena itu harga iPhone yang Anda membeli kemungkinan tidak sesuai keinginan Anda.
  • Yakinkan jika Anda pahami secara jelas mengenai langkah pembayaran yang ditawari oleh penjual. Apa Anda harus bayar semua harga iPhone sekalian atau ada opsi pembayaran lainnya? Yakinkan jika Anda pahami secara jelas mengenai langkah pembayaran yang dijajakan saat sebelum beli iPhone di luar negeri.
  • Janganlah lupa untuk memerhatikan ongkos pengangkutan yang dikenai oleh penjual. Ongkos pengangkutan ini dapat benar-benar punya pengaruh pada harga akhir iPhone yang Anda membeli. Yakinkan jika Anda pahami secara jelas mengenai ongkos pengangkutan yang dikenai saat sebelum beli iPhone di luar negeri.
  • Bila memungkinkannya, coba tanya ke penjual mengenai peraturan pengembalian atau pengembalian dana bila terjadi permasalahan dengan iPhone yang Anda membeli. Yakinkan jika Anda pahami secara jelas mengenai peraturan pengembalian yang ditawari oleh penjual saat sebelum beli iPhone di luar negeri.
Dengan memerhatikan beberapa hal itu, Anda bisa beli iPhone di luar negeri lebih nyaman dan aman.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama