cara mendapatkan set top box tv digital kominfo gratis

Bagaimana Cara Mendapatkan Set Top Box (STB) Gratis dari Pemerintah, Berikut Penjelasan dari Kominfo

02 November 2022
@inet.detik.com

Implementasi pemberhentian TV analog dan diganti TV digital ini perintah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 perihal Cipta Kerja Ketetapan Pemerintahan Nomor 46 Tahun 2021 perihal Pos, Telekomunikasi, dan Penayangan (Postelsiar). Berikut keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perihal metode memperoleh Set Top Box (STB) dengan cuma-cuma dari pemerintahan.

Pemadaman tayangan TV analog atau Analog Switch Off (ASO) di 222 kabupaten/kota di Indonesia dapat dikerjakan esok, 2 November 2022. Agar dapat nikmati tayangan TV, penduduk sekarang penting berpindah dari TV analog ke TV digital. Penduduk yang masih belum punyai TV digital sebenarnya selalu bisa nikmati tayangan TV, asal udah memasangkan Set Top Box (STB) dan menyambungkannya ke TV analog.

Bersamaan dengan implikasi suntik mati TV analog yang amat pelan dikerjakan di 2 November 2022. Masyarakat dapat minta set top box gratis ke posko yang udah dibuka oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Perihal kontribusi Set Top Box (STB) gratis, pemerintahan dapat memberikan terhadap group rumah tangga miskin. Akan tetapi, ada persyaratan lain supaya group rumah tangga miskin jadi calon yang menerima Set Top Box gratis.

Baca Juga : Resesi 2023

Buat penduduk yang masuk definisi rumah tangga miskin memiliki hak memperoleh kontribusi program Analog Switch Off (ASO) ini. Sejumlah 6,tujuh juta unit disajikan set top box gratis yang dibagikan ke semua lokasi Indonesia. Akan halnya sumber kontribusi itu, 5,tujuh juta unit berawal dari stasiun TV sebagai pengurus multipleksing (mux) dan sisanya 1 juta unit mengambil sumber dari Kementerian Kominfo. Mencuplik web tayangandigital.kominfo, rumah tangga miskin itu mesti tertera di Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan punyai fitur TV analog di tempat tinggalnya.

Staff Privat Menkominfo Bagian Komunikasi Politik, Philip Gobang menuturkan kontribusi itu privat keluarga tak mampu yang mana ketetapannya mengikut pada Undang-Undang dan mengarah pada kriteria di Kemensos. Pembagian Set Top Box gratis ini dapat dikerjakan dengan bertahap. "Keluarga tak mampu ini tidak dan semuanya, namun yang di tempat tinggalnya punyai tv analog. Bila diberikan set top box, tapi di tempat tinggalnya tidak ada tv, ya tidak dapat dipakai piranti ini. Beberapa hal itu udah dirapikan sebegitu rupa," tuturnya.

"Kami dapat menelaah untuk wilayah-wilayah kabupaten dan kota atau propinsi di Indonesia untuk lekas dikerjakan Analog Switch Off sesuai sama persiapan lokasi masing-masing. Ketika Analog Switch Off Jabodetabek, pemerintahan mempersiapkan posko," kata Menkominfo waktu lalu. Dikatakan Menkominfo , pendirian posko dialamatkan ini supaya penduduk miskin yang masih belum memperoleh kontribusi dan butuh set top box gratis biar pesawat TV analog dapat tangkap tayangan TV digital. Menjadi info, masyarakat yang memperoleh kontribusi ini yaitu mereka yang terdata menjadi rumah tangga miskin berlebihan.

Baca Juga : Ancaman Resesi 2023

"Jika kelak nyatanya ada tv penduduk yang tidak dapat terima tayangan digital karena belum siap set top box buat keluarga miskin, karenanya Kementerian Kominfo dapat layani sebisa-bisanya," sebutnya. Kementerian Kominfo memberikan buat penduduk menengah yang punyai tv tabung ataukah belum penuhi persyaratan tv digital, diinginkan lekas memasangkan Set Kampiun Box. Tekait pemadaman tayangan TV analog, Kominfo menuturkan, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, ada 8 kabupaten/kota di 4 lokasi tayangan udah dikerjakan ASO di April lampau.

Sementara pemadaman ASO 2 November termasuk di 222 kab/kota. Masih ada 292 kab/kota lain yang hendak dikerjakan ASO dengan lihat kesigapan-kesiapan lokasi. Rujukan Set Kampiun Box dari Kominfo untuk lihat tayangan digital Penduduk penting lakukan migrasi dari TV analog ke TV digital supaya selalu dapat nikmati tayangan tv. Akan halnya TV yang udah digital udah ditambahkan dengan DVBT2. Jika TV yang dipunyai belum ditambahkan dengan DVBT2 penduduk tak usah menukar televisinya, tetapi hanya memanfaatkan Set Kampiun Box.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama