Email Marketing - Delixnews

Penjelasan Mengenai Email Marketing Lengkap Dengan Strategi Serta Manfaatnya

@daleschaefer.com

Anda ingin jalankan taktik e-mail marketing untuk usaha? Opsi yang pas sekali! Kenyataannya, kesuksesan promo produk melalui e-mail rupanya 40 kali lebih bagus dibandingkan sosial media.Nach, untuk dapat capai hasil optimal itu, ada banyak cara yang penting Anda kerjakan secara tepat.

Di artikel ini, kami akan ajak Anda belajar digital pemasaran, faedahnya, sampai taktik membuat e-mail pemasaran terbaik yang dapat Anda aplikasikan.

Apakah itu E-mail Marketing?

E-mail Marketing adalah sistem online pemasaran yang sudah dilakukan dengan memberikan email ke customer atau calon customer. Maksudnya bervariatif, dimulai dari mendidik calon customer, lakukan branding, sampai tingkatkan pemasaran.

Langkah kerjanya juga cukuplah sederhana. Pelaku bisnis dapat memperoleh e-mail calon customer dengan memberi penawaran yang menarik seperti e-book gratis, daftar seminar-online gratis, atau hak memakai free trial dalam periode waktu tertentu.

Sesudah memperoleh alamat e-mail calon customer, pelaku bisnis dapat mengirim email-email bagus yang sesuai arah khusus perusahaan. Hingga, pada akhirannya calon customer dapat berminat untuk mengenali usahanya lebih jauh dan lakukan pembelian.

Oh iya, e-mail pemasaran pertama kalinya dikirim di tahun 1978 dan waktu itu sukses hasilkan pemasaran sejumlah 13 juta dollar. Sejak itu, promo memakai e-mail pemasaran menjadi satu diantara usaha pemasaran dan konten pemasaran yang berkaitan sampai sekarang ini.

Apa Saja Faedah E-mail Marketing?

Ada banyak faedah e-mail Marketing yang membuat masih berkaitan dan sering dipakai oleh pelaku bisnis. Kelebihan ini juga yang pasti sayang bila tidak digunakan. Berikut rinciannya:

Ongkos yang dikeluarkan relatif sedikit, tapi hasilnya optimal.

  • Punyai capaian yang paling luas. Bahkan juga, diprediksikan di tahun 2023 ada 4,3 miliar pemakai e-mail di penjuru dunia.
  • Lebih dari 90 % customer memeriksa e-mail sehari-harinya.
  • Lebih efisien dibandingkan media sosial pemasaran.
  • Gampang mencapai customer dengan beragam piranti yang lain.
  • 86 % customer ingin terima e-mail promo dari produk berlangganan mereka satu bulan sekali.

Nach, sesudah ketahui beragam keunggulannya, bagaimanakah cara lakukan usaha internet marketing lewat e-mail yang pas?

Taktik E-mail Marketing Terbaik yang Dapat Anda Coba!

Berikut beberapa taktik e-mail marketing yang dapat Anda coba supaya promo produk Anda lebih maksimal :

Mempersiapkan Tools E-mail Marketing

Mengirimi e-mail marketing terang berlainan dengan mengirimi e-mail individu melalui Gmail atau Yahoo. Pada taktik konten pemasaran ini, Anda perlu membuat penampilan e-mail yang memikat, menambah gambar, video pemasaran, landing page web, dan yang lain. Ini semua dilaksanakan agar arah taktik pemasaran Anda terwujud.

Baca JugaOnline Marketing

Untungnya, semua masalah e-mail pemasaran barusan dapat dipermudahkan dengan basis atau tools e-mail pemasaran. Ada banyak basis e-mail pemasaran terbaik yang dapat Anda coba, misalnya:

  • OptinMonster

OptinMonster adalah basis e-mail marketing terbaik yang dapat Anda coba. Di situ Anda dapat membuat penampilan e-mail usaha yang memikat dengan 97+ opsi templatenya. Anda bisa juga atur segmentasi email list Anda, agar pengangkutan e-mail pemasaran Anda pas target.

Tidak cuma e-mail, Anda bisa juga membuat pop up, floating bars, atau landing page yang memikat. Feature yang lain, seperti A/B testing bisa juga Anda gunakan untuk tingkatkan conversion kampanye.

  • Sumo

Untuk Anda yang cari basis gratis, Anda dapat mencoba gunakan Sumo. Sumo mempunyai beragam feature dan opsi penyesuaian yang bermanfaat untuk mengoptimalkan lead dan conversion.

Untuk membikin formulir e-mail, ada banyak jenis formulir contact yang dapat Anda bikin, seperti pop-up, form catatan kaki diakhir artikel, form dengan call to action (CTA), scroll box, dan ada banyak kembali.

Di sini, Anda bisa juga memberikan email khusus sama sesuai tingkatan konsumen journey . Maka, kesempatan untung dan sasaran kampanye dapat terwujud.

  • Mailchimp


Mailchimp ialah basis e-mail pemasaran berbasiskan situs yang dapat Anda pakai tanpa perlu unduh atau install software. Mailchimp sediakan beberapa feature e-mail pemasaran yang memikat, seperti template design e-mail, kirim e-mail automatis, integratif dengan program lain, dan analytics perform e-mail pemasaran.

Tidak cuma untuk kampanye e-mail, Mailchimp sediakan template kampanye yang lain, seperti landing page, postcard, signup forms, Google Remarketing ads, sampai Facebook Ads.

Oya, jika Anda pemakai web WordPress, Anda dapat pasang plugin e-mail pemasaran lho . Maka, Anda tidak perlu bolak-balik mengatur dari Dasbor WordPress ke basis e-mail pemasaran. Dengan plugin, semua komposisi dapat dilaksanakan di satu tempat, yakni Dasbor WordPress Anda.

Membuat E-mail Daftar

Taktik e-mail pemasaran selanjutnya ialah membuat list email. Apa sich list email itu?

Sama dengan namanya, list email ialah daftar e-mail dan data diri yang lain dari sasaran pasar Anda. Maksud dari membuat mailing daftar untuk mempromokan produk atau pelayanan ke sasaran pasar yang prospektif.

Baca JugaSMS Marketing

Lalu, bagaimanakah cara memperoleh list email yang prospektif? Nach, maka dari itu pantengin terus bab ini sampai usai.

Ada cara-cara cepat memperoleh subscriber list email itu. Berikut rinciannya:

  • Kasih Penawaran Bernilai

Calon customer Anda tidak akan gratis memberinya data pribadinya. Minimal ada penawaran bagus yang dapat mereka peroleh. Misalkan, e-book gratis, content khusus, potongan harga spesial, dan yang lain.

Sebagai contoh, Niagahoster dengan teratur mengeluarkan e-book gratis dengan beberapa topik yang berkaitan dengan keperluan sasaran customer. Misalkan, e-book langkah membuat online shop, digital pemasaran, dan optimisasi web.

  • Buat CTA yang Variasi

CTA atau Call to Action ialah tombol untuk menggerakkan pengunjung web bertindak, seperti subscribe e-mail pemasaran.

Nach, kalimat dan peletakan CTA yang dibikin harus juga diperhitungkan agar mengundang perhatian dan tidak mengusik pengalaman pengunjung web.

Jika Niagahoster, mempunyai beberapa macam CTA, yakni text biasa, tombol simpel, dan spanduk berisi CTA.

  • Gunakan Popup Secara Lumrah

Popup masih menjadi satu diantara langkah efisien datangkan leads. Bahkan juga, DealDoktor, basis produk penawaran, sukses meningkatkan subscriber e-mail pemasaran sampai 2100 %. Pemakaian popup kadang memang dipandang mengusik, tetapi bila diperlihatkan dengan tepat dan lumrah, popup benar-benar baik tingkatkan daftar building. Yakinkan popup Anda pun sudah mobile friendly, hingga tidak mengusik pengunjung mobile.

  • Beri Form Singkat

Membuat form subscribe e-mail pemasaran tidak perlu terlampau sulit dan panjang. Pengunjung condong tidak begitu sukai pengisian form yang panjang.

Sekurang-kurangnya info yang Anda perlukan cuma berbentuk nama dan e-mail aktif . Maka, yakinkan form subscribe dibikin simpel saja.

Sebagai contoh, Niagahoster cuma minta info nama dan e-mail pengunjung untuk subscribe atau download e-book gratis.

  • Persiapkan Landing Page Khusus

Pemakaian CTA dan popup saja belumlah cukup. Anda pun perlu mempersiapkan landing page khusus untuk memuat pengunjung sesudah click CTA atau Popup. Di landing page itu, pengunjung dapat menyaksikan lebih detil penawaran yang Anda beri.

Baca JugaPerusahaan Marketing SEO

Nach, Niagahoster sendiri sudah membuat landing page khusus untuk unduh e-book gratis. Di situ, pengunjung dapat membaca penjelasan ringkas berkenaan e-book yang hendak di unduh.

Membuat Segmentasi E-mail Daftar

Bila Anda telah lakukan daftar building, janganlah lupa untuk kerjakan segmentasi list email itu. Pokoknya. Segmentasi daftar ini ialah usaha memisah lis calon customer sama sesuai persyaratan tertentu.

Maksudnya, untuk mengefektifkan e-mail kampanye Anda dan memperoleh alterasi semakin tinggi . Maka, bukannya mengirimi e-mail ke semua daftar yang belum tersortir, Anda dapat mengirimi e-mail khusus ke daftar tertentu yang lebih prospektif.

Segmentasi ini akan menolong Anda mengaplikasikan personalized pemasaran. Yakni, membuat e-mail kampanye yang lebih individual dan berkaitan dengan calon customer . Maka, peluang e-mail di-click menjadi lebih besar, kan?

Lalu, bagaimanakah cara membagikan list email jadi beberapa fragmen yang pas? Nach, Anda dapat membagikan berdasar persyaratan berikut ini:

  • Subscriber baru - Berisi orang yang baru subscribe, Anda dapat memberikan email khusus seperti e-mail selamat tergabung atau perkataan terima kasih sudah abonemen.
  • Website subscriber - Berisi orang yang mendaftarkan melalui subscribe website. Anda dapat memberikan email up-date website atau e-book terkini.
  • Lokasi tertentu - Seumpama Anda mempunyai acara di kota tertentu, Anda dapat memberikan email untuk ajak customer mendatangi acara di kota tertentu.
  • Open Rate - Berisi konsumen setia yang lebih engage dengan Anda . Maka, Anda dapat memberi e-mail penghargaan atau promosi khusus.
  • Inactivity - Berisi orang yang kurang aktif, hingga Anda dapat mengirimi e-mail reminder untuk beli produk tertentu.
  • Pengingat Shopping Cart - Berisi daftar customer yang sudah memasukkan produk pada keranjang, Anda dapat memberikan email pengingat untuk lakukan checkout di online shop Anda.

Selainnya pembagian di atas Anda dapat membuat segmentasi yang lain sesuai keperluan Anda.

Mengirim E-mail Blast

Tentukan tools e-mail pemasaran, . Membuat dan segmentasi list email, juga. Next, Anda perlu kerjakan e-mail blast. E-mail blast ialah aktivitas memberikan email ke beberapa orang sekalian, dalam masalah ini list email Anda. E-mail blast ini kerap dipakai untuk mencapai calon customer secara masif dengan mudah dan cepat.

Sebagai contoh, Anda ingin mengirim newsletter untuk aktivitas promo produk. Anda tinggal membuat newsletter yang memikat, lalu kerjakan e-mail blast ke sasaran audience Anda. Perlu ide membuat newsletter yang keren, check contoh newsletter e-mail pemasaran di sini → 5+ Contoh Newsletter E-mail Pemasaran.

Baca Juga : Email Marketing Servis Terbaik

Aktivitas ini dapat dilaksanakan secara automatis dengan basis e-mail pemasaran yang sudah Anda tentukan awalnya. Anda dapat mengatur skedul untuk pengangkutan e-mail automatis, plus lakukan analitis perform e-mail yang Anda kirimkan.

Oya, kurang lebih kapan sich saat yang pas mengirimi e-mail blast? Sebetulnya bisa berbeda bergantung behavior sasaran audience Anda.

Untuk ketahuinya, coba melakukan eksperimen mengirimi e-mail pada pagi, siang, sore, dan malam. Lantas, saksikan mana yang memberi hasil terbaik. Anda dapat memakai Google Analytics untuk mempermudah pengujian.

Tingkatkan Open Rate E-mail

Tidak seluruhnya sasaran audience akan buka e-mail pemasaran Anda. Apa lagi subyek e-mail itu kurang memikat, peluang e-mail hanya dianggurin aja~

Lalu, apa kita cuma dapat pasrah? Sudah pasti tidak!

Ada banyak cara ampuhnya untuk tingkatkan kesempatan e-mail dibuka dan click promosi yang dijajakan, kok. Minimal ada 5 cara yang dapat Anda coba aplikasikan. Berikut rinciannya:

  • Ketahui Arah Ditambah Dahulu

Saat membuat pemasaran rencana, Anda perlu pahami arah kampanye Anda lebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa membuat taktik yang pas untuk capai arah Anda.

Entahlah itu maksudnya tingkatkan pemasaran online, traffic ke web, menambahkan jumlah account baru, kurangi unscriber, atau yang lain.

  • Gunakan Domain yang Pas

Apa Anda telah memakai domain e-mail yang pas? Bila, Anda masih gunakan domain e-mail dari Gmail atau Yahoo, audience pasti menyangsikan integritas usaha Anda.

Karena itu, penting sekali gunakan domain untuk e-mail yang akurat. Ada beberapa domain unik selainnya domain.COM yang dapat membuat usaha Anda semakin kelihatan kece dan dipercayai. Misalkan,.TECH,.ONLINE,.SITE,.STORE, atau yang lain.

Pikirkan saja misalkan Anda mendapatkan e-mail dari nia@niafashion.toko. Anda tentu semakin lebih gampang mengingatnya, kan?

Maka yakinkan Anda punyai domain dan alamat e-mail yang terlihat professional. Nach, peroleh opsi domain murah dan unik di Niagahoster.

  • Buat E-mail yang Individual

E-mail yang lebih individual dan dekat rupanya sanggup tingkatkan angka transaksi bisnis sampai 6x lipat lho!

Nach, buat e-mail yang individual sebetulnya tidak susah, kok. Anda dapat memakai nama konsumen setia pada subyek e-mail untuk tingkatkan open rate e-mail. Misalkan seperti yang sudah dilakukan oleh Kitabisa di bawah ini.

  • Catat Subyek yang Menarik

Subyek e-mail sangat penting Anda pikir sebagus mungkin. Yakinkan subyek e-mail tidak begitu panjang dan tidak sesuai isi e-mail alias klik bait. Subyek semacam ini cuma akan membuat konsumen setia Anda lakukan unsubscribe.

Jauhi juga pemakaian huruf kapital dan pertanda hebat. Karena, e-mail Anda cuma akan usai di e-mail spamming yang menerima.

Karena itu, bikinlah subyek yang cepat, terang, gampang dimengerti, dan dapat sedikit memperlihatkan isi pada e-mail. Misalkan seperti newsletter dari Niagahoster di bawah ini.

  • Beri Gambar dan CTA yang Pas

E-mail yang full berisi text condong menjemukan membuat audience segera tutup emailnya. Tetapi, bila dipertambah gambar, peluang semakin lebih memancing ketertarikan mereka.

Janganlah lupa selipkan tombol CTA pada bagian akhir. Bikinlah CTA yang terang dan sama sesuai ditujukan ke landing page yang sama sesuai mirip contoh berikut ini.

Menghindar E-mail Pemasaran Masuk ke Spamming

Pesan promo dipandang seperti e-mail spamming sebagai salah satunya lawan paling besar beberapa marketing dan pelaku bisnis yang jalankan e-mail pemasaran. Karena, e-mail kampanye yang dibikin dengan kerja keras jadi percuma.

Kenyataannya, cuma 85 % e-mail pemasaran yang sampai ke kotak masuk audience, lho! Bekasnya terfilter dan usai di kotak spamming.

Baca JugaPlatform Pemasaran Email

Nach, ada banyak argumen mengapa e-mail masuk spamming, walau sebenarnya kemungkinan e-mail Anda tidak berisi content beresiko. Bisa jadi, yang menerima yang mengidentifikasi e-mail Anda sebagai spamming, judul e-mail yang tidak berkaitan, mengirim banyak tambahan, dan yang lain.

Lalu, apa ada panduan agar e-mail tidak usai di spamming? Sudah pasti ada! Berikut panduan menangani e-mail spamming:

  1. Subyek e-mail tidak memakai huruf kapital;
  2. Subyek e-mail berkaitan berisi email;
  3. Sediakan link unsubscribe;
  4. Menghindar kalimat yang dipandang spamming, seperti murah, gratis, penawaran terbatas, dan lainnya;
  5. Tidak Mengirimi lebih satu tambahan;
  6. Atur autentikasi email;
  7. Memakai e-mail hosting paling dipercaya.

Hal yang terpenting Anda aplikasikan ialah gunakanlah server khusus untuk e-mail pemasaran Anda. Karena e-mail hosting umumnya sediakan feature keamanan extra untuk e-mail pemasaran.

Optimasi E-mail Pemasaran di Piranti Mobile

Rupanya lebih dari 50 % yang menerima buka e-mail lewat piranti mobile lho! Maknanya, bila design e-mail yang Anda kirimkan tidak responsive, bisa jadi bentuknya terpenggal dan info yang diterima jadi tidak utuh.

Tidak cuma isi tubuh e-mail saja, yakinkan judul e-mail yang Anda kirimkan mobile friendly. Karena, semenarik apa saja judul e-mail, jika judulnya terlampau panjang dan tidak mobile friendly, judul yang diperlihatkan cuma beberapa. Wah, percumalah usaha Anda.

Nach, tips-nya, bikinlah subyek e-mail terbanyak 10 kata saja . Maka, kelihatan lebih bagus bila dibuka melalui piranti mobile. Yakinkan design dan CTA pada e-mail responsive dan bekerja yang baik.

Lakukan Analitis Perform E-mail Pemasaran

Cara yang jangan terlewati saat lakukan e-mail pemasaran adalah menganalisa performnya. Maksudnya, untuk menghitung efektifitas kampanye Anda. Hingga Anda dapat lakukan penilaian bila diperlukan.

Lalu, apa yang perlu ditracking dalam e-mail pemasaran? Ada banyak metrik yang penting Anda lihat. Berikut rinciannya:

  1. Deliverability - menghitung berapa tingkat e-mail pemasaran Anda sudah tiba di kotak masuk sasaran.
  2. Open Rate - menghitung prosentase orang yang buka e-mail pemasaran di kotak masuk sasaran.
  3. Klik Through Rate - menghitung prosentase orang yang click CTA di e-mail pemasaran Anda.
  4. Bounce Rate - menghitung prosentase waktu beberapa orang tutup e-mail Anda.
  5. Unsubscribes - menghitung banyaknya orang yang click unsubscribe atau putuskan stop abonemen e-mail pemasaran Anda.

Anda dapat memperoleh hasil analitis barusan melalui basis e-mail pemasaran yang Anda gunakan.

Oh iya, untuk mengoptimalkan perform e-mail pemasaran, coba kerjakan A/B testing lebih dahulu. Baik dari sisi subyek, judul, design, dan CTA untuk tentukan e-mail yang lebih efisien. Janganlah lupa selalu untuk optimisasi e-mail pemasaran Anda, dimulai dari subyek. Judul, CTA, dan yang lain agar sasaran kampanye terwujud.

Yok, Gunakan E-mail Pemasaran untuk Tingkatkan Pemasaran Produk!

E-mail pemasaran adalah taktik yang disarankan untuk mempromokan produk lewat cara online. Apa saja mode usaha yang Anda tekuni, Anda dapat memakai e-mail untuk membuat jalinan dengan calon customer sampai tingkatkan pemasaran.

Nach, supaya usaha marketing lewat e-mail sukses, penting sekali ketahui beberapa taktik e-mail pemasaran yang efisien. Satu diantaranya, lakukan daftar building secara tepat dan membuat segmentasinya. Anda pun perlu pilih basis atau tools e-mail pemasaran untuk mempermudah Anda.

Tidak kalah juga penting, gunakan e-mail hosting agar kampanye e-mail pemasaran Anda semakin sukses. Dengan e-mail hosting, Anda dapat mengirimi pesan ke semakin banyak yang menerima dalam sekali kirim.

Baca Juga : Email Marketing Campaign

Penyimpanan yang disiapkan juga semakin besar dibandingkan cuma menggunakan situs server. Juga, peluang e-mail masuk spamming dapat diminimalisir, karena diproteksi oleh feature keamanan yang oke.

Nach, e-mail hosting Niagahoster punyai semua feature itu untuk sukseskan e-mail pemasaran Anda. Seperti feature SpamExpert yang sanggup membuat e-mail Anda tidak masuk ke spamming.

Tenang, harga dapat dijangkau kok. Dimulai dari Rp80 ribu /bulan, Anda telah memperoleh feature keamanan dan sumber daya oke untuk sukseskan taktik e-mail pemasaran Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama