14 Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur

14 Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur

30 Desember 2022

14 Cara Agar Tetap Fit Walau Kurang Tidur

Cara tetap fit walau sedang kurang tidur harus kamu kenali, supaya kita masih tetap dapat beraktivitas secara lancar selama seharian.

Imbas jelek kekurangan tidur memang membuat kesehatan kita terusik, tetapi apalah daya karena tugas yang menimbun membuat kita harus terpaksa bergadang untuk menyelesaikannya.

Akhirnya esok harinya kita juga berasa capek dan ngantuk. Selain itu, kamu harus mengutamakan tugasmu karena esok ada rapat atau presentasi yang perlu.


Mustahil kan, kamu pada kondisi capek dan lemas saat rapat berjalan? Tentunya kamu harus fresh dan semangat dalam masalah ini.

Tidur sebagai salah satunya aktivitas yang perlu untuk kesehatan badan dan pemikiran kita. Tetapi, kadang kita kerap kesusahan untuk memperoleh cukup tidur, terlebih bila banyak memiliki tugas dan aktivitas yang lain harus diatasi. Walau demikian, tak perlu cemas karena ada cara-cara yang dapat dilaksanakan supaya masih tetap bugar walaupun kekurangan tidur. 

Berikut ialah cara-cara yang bisa Anda coba

  1. Bangun dan tidur pada saat yang sama sehari-harinya. Ini akan menolong jaga jadwal tidur yang teratur, hingga badan semakin lebih gampang untuk tidur dengan pulas.
  2. Buat lingkungan tidur yang nyaman. Yakinkan ruang tidur Anda sejuk, gelap, dan tenang supaya badan bisa istirahat secara baik.
  3. Jauhi kegiatan yang terlampau berat saat sebelum tidur. Sebagai contoh, jauhi melihat tv atau memakai handphone saat sebelum tidur, karena ini bisa mengusik jadwal tidur Anda.
  4. Tidak boleh kebanyakan minum saat sebelum tidur. Minum kebanyakan akan membuat Anda terusik oleh keperluan untuk buang air kecil di larut malam.
  5. Olahraga dengan teratur. Olahraga bisa menolong tingkatkan kualitas tidur Anda karena menolong keluarkan kecapekan yang terakumulasi sepanjang hari. Tetapi, yakinkan tidak untuk lakukan olahraga terlampau dekat sama jam tidur, karena ini bisa membuat Anda terlampau capek dan susah tidur.
  6. Pakai tehnik rileksasi seperti meditasi atau yoga untuk menolong menentramkan pemikiran dan badan saat sebelum tidur.
  7. Coba untuk tidur memadai pada malam hari. Meskipun terkadang mau tak mau kekurangan tidur, upayakan untuk tidur sebanyak-banyaknya pada malam hari supaya badan dapat istirahat secara baik. Bila tidak dapat tidur memadai pada malam hari, Anda dapat berusaha untuk tidur siang hari sepanjang 20-30 menit untuk menambahkan jumlah tidur Anda.
  8. Mengatur temperatur badan Anda secara baik. Temperatur badan yang terlampau dingin atau terlampau panas bisa mengusik kualitas tidur Anda. Yakinkan temperatur di ruang tidur Anda nyaman dan sesuai keperluan Anda.
  9. Jauhi konsumsi alkohol dan cafein saat sebelum tidur. Alkohol dan cafein bisa mengusik jadwal tidur Anda karena bisa tingkatkan kegiatan di otak dan kurangi kekuatan badan untuk istirahat secara baik.
  10. Coba pakai kontribusi tehnologi. Ada beberapa program tidur atau alat tolong tidur yang dapat menolong Anda untuk tidur lebih pulas, seperti white noise machine atau program pemutar suara alami.
  11. Pakai tehnik pengurangan depresi untuk menentramkan pemikiran saat sebelum tidur. Depresi bisa mengusik jadwal tidur Anda dan mengakibatkan sulit tidur. Coba untuk lakukan tehnik rileksasi seperti meditasi, yoga, atau tehnik napas diafragma untuk kurangi depresi dan menolong Anda tidur lebih pulas.
  12. Buat daftar aktivitas atau to-do daftar saat sebelum tidur. Ini bisa menolong Anda untuk melepas beban pemikiran dan menolong Anda untuk tidur lebih pulas.
  13. Hindari paparan kebanyakan sinar biru saat sebelum tidur. Pancaran sinar biru, khususnya dari monitor handphone, bisa mengusik produksi hormon melatonin yang dibutuhkan untuk tidur dengan pulas . Maka, yakinkan untuk kurangi pancaran sinar biru saat sebelum tidur.
  14. Coba pakai tehnik pengurangan stimulan saat sebelum tidur. Sebagian orang kemungkinan berasa lebih susah tidur bila kebanyakan berpikiran atau kebanyakan lakukan aktivitas saat sebelum tidur. Coba untuk lakukan aktivitas yang menentramkan saat sebelum tidur, seperti membaca atau dengarkan musik, untuk menolong kurangi stimulan saat sebelum tidur.

Dengan ikuti saran-saran di atas, Anda semakin lebih gampang untuk selalu bugar meskipun kekurangan tidur. Janganlah lupa selalu untuk jaga gaya hidup sehat dan tidur dengan cukup supaya badan Anda selalu sehat dan bugar. Selamat mempraktikkan!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama