Cara Daftar IMEI dan Bayar Bea Masuk saat Membeli iPhone dari Luar Negeri

Cara Daftar IMEI dan Bayar Bea Masuk saat Membeli iPhone dari Luar Negeri

1 Januari 2023
Cara Daftar IMEI dan Bayar Bea Masuk saat Membeli iPhone dari Luar Negeri

Registrasi International Mobile Equipment Identity atau IMEI untuk piranti electronic bisa dilaksanakan lewat Elektronik Customs Declaration atau E-CD. Service itu bisa memudahkan register gawai di luar negeri saat datang di Indonesia. Warga bisa mendaftar IMEI untuk optimal dua unit gawai per-orangnya lewat E-CD.


Gawai yang bisa didaftarkan meliputi handphone (smartphone), computer netbook, dan tablet. Registrasi IMEI lewat E-CD Bea Cukai sudah diterapkan di Lapangan terbang Soekarno Hatta, Tangerang dan Lapangan terbang I Gusti Ngurah Rai, Bali. Mekanisme itu dalam tahapan piloting di Lapangan terbang Juanda, Surabaya dan Lapangan terbang Kualanamu, Medan.

Cara Mendaftar IMEI

Ingin membeli iPhone di luar negeri? Yakinkan untuk mendaftar nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) smartphone Anda ke E-CD Bea Cukai supaya tidak terserang permasalahan di masa datang. Berikut ialah cara mendaftar IMEI melalui E-CD Bea Cukai:

  1. Membuka situs E-CD Bea Cukai di https://ecd.beacukai.go.id/.
  2. Click tombol "Daftar" pada bagian atas kanan monitor.
  3. Isi formulir registrasi dengan isi data diri Anda seperti nama, alamat e-mail, dan nomor telephone.
  4. Sesudah usai, Anda akan terima e-mail klarifikasi. Click link yang berada di dalam e-mail itu untuk aktifkan account Anda.
  5. Masuk ke account Anda dengan mengeklik tombol "Masuk" pada bagian atas kanan monitor dan isi e-mail dan sandi yang sudah Anda daftarkan awalnya.
  6. Sesudah masuk ke account Anda, click tombol "Daftar Barang Baru" pada bagian kiri monitor.
  7. Tentukan kelompok "Smartphone" dan isi formulir registrasi dengan isi data smartphone Anda seperti merek, type, dan nomor IMEI.
  8. Upload document yang dibutuhkan seperti photo tanda terima pembelian atau invoice.
  9. Sesudah usai, click tombol "Kirim" untuk mengirim permintaan registrasi.

Sesudah smartphone Anda tercatat di E-CD Bea Cukai, Anda pun perlu bayar bea masuk yang disebut pajak atas barang yang di-import ke Indonesia. Bea masuk ini akan dikenai berdasar tipe barang dan nilai pembelian smartphone Anda.

Langkah Untuk Bayar Bea Cukai

Untuk bayar bea masuk, Anda dapat memakai salah satunya langkah berikut :
  • Bayar di bank: Anda dapat bayar bea masuk di beberapa bank yang tercatat seperti Bank Berdikari, Bank BRI, atau Bank BNI. Yakinkan untuk bawa tanda terima pembayaran bea masuk yang sudah diciptakan oleh E-CD Bea Cukai.
  • Bayar lewat cara online: Anda bisa juga bayar bea masuk lewat cara online lewat website E-CD Bea Cukai dengan memakai kartu credit atau debet. Yakinkan untuk mempunyai account di E-CD Bea Cukai dan login ke dalamnya saat sebelum membayar.
  • Sesudah bayar bea masuk, yakinkan untuk simpan tanda terima pembayaran atau bukti pembayaran yang sudah Anda terima sebagai bukti pembayaran bea masuk. Ini akan bermanfaat bila Anda perlu menunjukkan ke petugas bea cukai di masa datang.
Selainnya daftar IMEI dan bayar bea masuk, ada banyak hal yang lain perlu Anda lihat saat beli smartphone di luar negeri:
  • Yakinkan smartphone yang Anda membeli mempunyai garansi sah: Smartphone yang tidak mempunyai garansi sah bisa alami permasalahan di masa datang dan susah untuk diperbarui. Yakinkan untuk beli smartphone yang mempunyai garansi sah dari distributor atau importir sah di Indonesia.
  • Lihat kompatibilitas jaringan: Smartphone yari di luar negeri kemungkinan tidak cocok dengan jaringan di Indonesia. Yakinkan untuk beli smartphone yang cocok dengan jaringan di Indonesia supaya bisa dipakai secara nyaman.
  • Tentukan toko yang paling dipercaya: Tidak boleh tergoda pada harga yang terlampau murah. Belilah smartphone dari toko yang paling dipercaya supaya tidak terserang penipuan atau beli smartphone yang tidak asli.
  • Baca ulasan dan bandingkan harga: Saat sebelum beli smartphone, baca ulasan dan bandingkan harga dengan toko lain supaya Anda dapat beli smartphone yang sesuai keperluan dan bujet Anda.
  • Tentukan sistem pembayaran yang aman: Tentukan sistem pembayaran yang aman seperti memakai kartu credit atau memakai service pembayaran online yang paling dipercaya. Janganlah sampai Anda kehilangan uang Anda karena terserang penipuan.
  • Baca ketentuan importir: Yakinkan untuk membaca ketentuan importir saat sebelum beli smartphone di luar negeri. Ini akan menolong Anda ketahui apa yang dibolehkan dan tidak dibolehkan pada proses importir.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, Anda dapat beli smartphone dari online shop yang jual smartphone di luar negeri dengan nyaman dan aman. Selamat belanja!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama