Cara Merangking Di Excel Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

Cara Merangking Di Excel Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

21 Desember 2022

Sumber Gambar www.kelasexcel.id

Seperti ini Langkah Merangkingkan di Microsoft Excel buat Pemula

Jelas Anda seluruhnya suda mengenall terapan microsoft Excel. Microsoft Excel ini adalah satu terapan ataupun software yang berfaedah buat memproduksi angka. Sama seperti yang udah Anda pahami, terapan ini mempunyai sangat banyak faedah ataupun fungsi.

Faedah dari terapan ini adalah bisa membikin, mengkaji, mengoreksi, meringkat juga mengurutkan beberapa data. Lantaran terapan ini mempunyai kebolehan buat perhitungkan dengan aritmatika juga statistika.

Di tutor ini kali saya akan mengatakan bagaimanakah caranya buat mengurutkan atau merangkingkan data dengan gunakan Microsoft Excel.

Langkah Merangkingkan di Microsoft Excel

Merangkingkan data bisa Anda kerjakan di Microsoft Excel. Dengan gunakan terapan itu, Anda bisa secara gampang mengerjakan tugas dalam memproduksi data. Merangkingkan data juga berfaedah buat Anda yang profesinya jadi guru.

Lantaran terapan ini bisa merangkingkan data secara benar-benar simpel serta bisa dikerjakan oleh semuanya orang. Berikut beberapa cara buat merangkingkan data di Microsoft Excel :

1. Cara awal mula yang bisa Anda kerjakan adalah dengan buka helai kerja Microsoft Excel yang telah mempunyai data yang ingin Anda tempat. Di contoh di bawah, saya ingin mengerjakan peringkat buat pelajar pada sebuah kelas dengan mengurutkannya dari tempat ke 1 s/d 15. Anda bisa pula mengerjakan peringkat sesuai data yang Anda punyai.

Sumber Gambar nesabamedia.com

2. Selanjutnya, Anda bisa menempatkan cursor Anda di cell di mana Anda akan mengerjakan tempat di cell yang berada pada posisi pertama. Anda bisa memandang contoh di gambar di bawah ini.

Selanjutnya padakolom fx , Anda bisa tuliskan rumus buat mengerjakan tempat di Microsoft Excel. Serta berikut rumusnya, =rank(number;ref;order).

Makna dari rumus itu adalah =Rank yang mempunyai arti adalah satu manfaat rank. serta (number;ref;order) yang mempunyai arti nomor cell awal mula yang mempunyai nilai agar dapat diranking, rekomendasinya, serta nomor cell akhir yang mempunyai nilai agar dapat diranking, rekomendasinya.

Di contoh di bawah ini rumusnya adalah =Rank(D3;$D$3:$D$17;0). Seusai masukkan manfaat, jadi Anda bisa memencet tombol Enter di keyboard Anda. Serta berikut hasilnya, adalah tempat di data nomor 1 adalah mempunyai tempat 1.

Sumber Gambar nesabamedia.com

3. Bila Anda ingin membikin hal sama ke seluruhnya data sebagaimana pada data nomor 1, jadi Anda harus lakukan copy di kolom awalnya dan selanjutnya Anda bisa mengerjakan block di kolom dibawahnya serta click Paste. Jadi hasilnya dpaat Anda saksikan, seluruhnya kolom yang berada pada substansi Rank telah di tempat dengan demikian rupa.

Sumber Gambar nesabamedia.com

4. Tapi hasil yang di atas belum memberi kepuasan, lantaran data itu belum pula diurutkan, hingga membuat masih tampak acak-acakan. Kita harus membuat berturutan sesuai tempat dari yang paling kecil sampai ke yang paling besar. Di perumpamaan berikut, jadi harus diurutkan dari tempat 1 s/d tempat 15. Langkah mengurutkannya adalah, Anda harus lakukan block di isi seluruhnya tabel, Tetapi tak bernama kolom serta isi pada kolom nomor.

Sumber Gambar nesabamedia.com

5. Selanjutnya, Anda bisa mengerjakan pengurutan melalui cara masuk ke alat Editting serta click Sort dan Filter, dan selanjutnya click opsi Kustom Sort…

Sumber Gambar nesabamedia.com


6. Maka bisa nampaklah kotak Sort, di mana Anda harus memutuskan sort by dengan opsi Rank, sort on dengan opsi Values, serta order dengan opsi Smallest to Largest. Setelah itu, Anda bisa click OK.

Sumber Gambar nesabamedia.com

7. Serta di bawah ini adalah dari hasil pengurutan yang telah kita kerjakan di atas. Dengan seperti ini, jadi data yang telah diranking akan terurut sesuai tempatnya.

Sumber Gambar nesabamedia.com


Langkah Membikin Tempat di Excel Biar Tak Double

Punya data dengan 2 nilai sama serta menimbulkan barisan tempat terduplikat? Excel pun menyiapkan teknik simpel supaya penyortiran posisi kian detail. Cukup masukkan rumus COUNTIF waktu mengalkulasi tempat.

Rumus posisi tiada double =RANK(angka; ref; [order]) + COUNTIF(range; criteria)

  • Tambahkan rumus =RANK lebih dulu

Untuk bikin tempat tidak duplikat di Excel, kamu penting masukkan rumus =RANK lebih dulu. Apabila kesusahan, turuti cara awal sampai cara ke-5 di sub judul awalnya.

  • Tulis + serta tambahkan rumus =COUNTIF

Kalau sudah tuntas menuliskannya rumus =RANK, janganlah segera pencet tombol ‘enter'. Tetapi, masukkan tanda plus serta tuliskan rumus COUNTIF.

  • Click data pertama kali yang pengin di-ranking

Sesudah kamu menuliskan COUNTIF, jadi secara automatic bakal ada membuka kurung buat masukkan data. Tentukan data pertama kali yang akan kamu posisi atau letak teratas serta mengakhiri dengan pertanda titik dua. Perlu diingat tambahkan $ saat sebelum huruf serta antara huruf dengan angka. Contoh: COUNTIF ($f$1:..;criteria)

  • Kembali tambahkan data yang pengin di-ranking

Sesudah masukkan pertanda titik dua, click kembali di sel yang pengin jadikan posisi lalu mengakhiri dengan pertanda titik koma. Contoh: COUNTIF ($f$1:f1;criteria)

  • Isi syarat-syarat dengan sel data pertama

Buat isi sisi syarat-syarat, cukup click baris pertama kali yang sama dengan cara awalnya. Tuliskan juga tutup kurung serta ‘-1' buat menyelesaikan rumus. Contoh final: =RANK(f1; f$1:f$10) + COUNTIF ($f$1:f1;f1)-1. Lantas click ‘enter' atau ‘return'.

Apabila penulisan serta sel yang ditempatkan telah betul, jadi secara automatic Excel berikan posisi anyar dengan menghindar duplikasi. Kamu tinggal menarik sisi ujung kanan bawah sel sampai baris paling akhir data buat memperoleh semua tempat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama