Edible Flower: Indah, Cantik Selain itu Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Edible Flower: Indah, Cantik, dan Selain itu Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan

29 Desember 2022

Edible Flower: Indah, Cantik Selain itu Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan

Edible flowers, atau bunga makanan, yakni bunga yang dapat dikonsumsi dan kerap dipakai jadi bahan tambahan dalam masakan, beberapa obat, atau jadi hiasan. Beberapa macam bunga makanan yang ternama salah satunya yakni bunga chrysanthemum, bunga violet, bunga lavender, bunga marigold, dan bunga rose.

Bunga makanan udah dipakai waktu beratus-ratus tahun dalam pelbagai kebutuhan. Di sebagian negara, bunga makanan udah jadi sisi dari rutinitas masakan yang unik. Bunga chrysanthemum contohnya, sering dipakai dalam masakan Cina jadi bahan tambahan dalam sup, teh, dan bahan pencipta anggur. 

Bunga violet sering dipakai jadi hiasan di kue-kue dan es cream, sementara bunga lavender kerap dipakai untuk memberinya wewangian dan rasa di makanan dan minuman. Bunga marigold sering dipakai dalam masakan India jadi bahan tambahan dalam sayur-sayuran dan olahan daging. Bunga rose banyak pula dipakai dalam masakan jadi hiasan atau bahan tambahan untuk memberinya rasa dan wewangian yang unik.


Tidak hanya itu, beberapa macam bunga makanan miliki faedah kesehatan yang bagus. Bunga chrysanthemum diakui bisa menolong turunkan tekanan darah tinggi dan kurangi depresi. Bunga lavender diakui bisa menolong merehatkan pemikiran dan kurangi ketakutan. Bunga marigold diakui bisa menolong sebagai obat cedera dan percepat proses pengobatan. Bunga rose diakui bisa menolong kurangi pembengkakan dan membetulkan prosedur ketahanan badan.

Tapi, saat sebelum gunakan bunga makanan dalam masakan atau beberapa obat, ada sekian banyak hal yang harus menjadi perhatian. Pertama, yakinkan untuk beli bunga makanan dari sumber yang dapat dipercaya dan berkualitas. Ke-2 , baiknya hindarkan gunakan pestisida atau bahan kimia yang lain di bunga makanan yang bisa dikonsumsi. 

Paling akhir, baiknya komunikasikan sama dokter atau pakar kesehatan saat sebelum gunakan bunga makanan untuk kebutuhan beberapa obat, terutama jika Anda miliki alergi atau keadaan kesehatan khusus.

Dengan memerhatikan perihal-perihal itu, bunga makanan bisa menjadi opsi yang bagus untuk ditambahi ke masakan atau beberapa obat. Disamping menambahkan cita-rasa dan wewangian yang unik, bunga makanan dapat juga menambahkan nilai gizi dan faedah kesehatan yang bagus untuk badan.


Bunga makanan bisa juga menjadi opsi yang bagus untuk jadikan hiasan. Disamping memberinya nuansa yang bagus dan elok, bunga makanan bisa juga memberinya nilai makin untuk acara atau hajatan dengan memberinya opsi makanan yang unik dan menarik.

Tapi, penting diketahui kalau tidak seluruhnya bunga dapat dikonsumsi. Beberapa macam bunga malah mempunyai kandungan bahan kimia yang beresiko untuk badan kalau dikonsumsi. Baiknya terus pastikan type bunga yang aman untuk dikonsumsi saat sebelum menambahnya ke masakan atau beberapa obat.

Maka bunga makanan adalah opsi yang bagus untuk ditambahi ke masakan, beberapa obat, atau jadi hiasan. Disamping cantik dan elok, bunga makanan bisa juga memberinya nilai makin untuk kesehatan dan cita-rasa. Yakinkan untuk beli bunga makanan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, dan terus komunikasikan sama dokter atau pakar kesehatan saat sebelum menggunakan untuk kebutuhan beberapa obat.

Type Edible Flower Yang Sesuai Ditanamkan di Indonesia


Kalau Anda menganggap kalau menanam edible flower yakni hal susah, harus di cuaca khusus atau bahkan juga negara khusus, jadi pikiran itu tidak seluruhnya betul. Sebab, ada sekian banyak type edible flower yang sesuai ditanamkan dan simpel tumbuh di cuaca Indonesia, khususnya untuk Anda yang tinggal di daratan rendah.

  • Melati 
Anda pastinya tidak asing dengan penggunaan bunga melati dalam seduhan teh. Disamping menambahkan wewangian dan cita-rasa, bunga melati mempunyai kandungan anti-oksidan. Tanaman melati simpel tumbuh di daratan rendah sampai ketinggian 1.600 mtr. di permukaan laut (mdpl).

Tanaman melati bisa dibanyakin dengan secara cangkok, stek tangkai ataupun ditanamkan dari biji. Perawatan tanaman melati juga termasuk lumayan simpel dan bisa berbunga kapan pun (bukan bunga angin-anginan).

  • Telang 
Bunga telang (Clitoria ternatea) adalah semacam tanaman perdu yang tumbuh menjalar dengan kelopak bunga warna ungu-biru dan putih. Tanaman telang simpel tumbuh secara liar di perkebunan, tepi sawah atau jadi tanaman hias di halaman.

Secara tradisionil, bunga telang difungsikan jadi obat mata dan perona alami di produk pangan sebab memberinya warna biru keunguan yang memikat. Warna biru keunguan itu berawal dari senyawa antosianin yang miliki rutinitas anti-oksidan.

  • Rosella
Bunga rosella adalah satu diantaranya bunga ternama yang banyak difungsikan untuk bikin teh herbal, selai ataupun teliti. Cita-rasa teh bunga rosella yakni fresh keasaman. Bunga rosella yang warna merah membikin teh dari bunga ini miliki penampakan yang memikat.

Disamping kaya anti-oksidan, bunga rosella ditemui berfaedah jadi antihipertensi, antikanker, antikolesterol, dan bisa difungsikan jadi pengawet dan perona alami.

Tanaman rosella simpel tumbuh di daratan rendah, bisa ditanamkan di ruangan area ataupun gunakan pot atau polybag. Tanaman ini termasuk angin-anginan. Waktu terpilih untuk menanam bunga rosella untuk diambil seratnya di Pulau Jawa yakni tengah Agustus dan akhir Oktober.

  • Turi 
Bunga turi yaitu satu diantara sayur penambah yang kebanyakan berada pada sajian pecel. Pohon turi begitu simpel tumbuh di daratan rendah dan bisa tumbuh tinggi kira-kira 2-3 mtr..

Bunga turi ada dua type, yakni turi merah dan turi putih. Ke-2 nya bisa dimakan dengan secara direbus atau ditumis. Bunga yang siap dimakan yakni bunga yang kuncup sama ukuran rada besar dan berupa sabit, ataupun bunga yang udah mekar.

Bunga turi ditemui mempunyai kandungan serat, kalium, natrium, kalsium dan vitamin A, B1, B2, B6, C dan beta karoten.

Hal yang harus menjadi perhatian saat menanam edible flower yakni hindarkan pemanfaatan pestisida, maka dari itu jamin keamanan konsumsi bunga. Penyiraman dan pemupukan bisa juga dilaksanakan maka dari itu tanaman bisa tumbuh subur.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama