Lionel Messi Digadang - Gadang Bisa Meraih Super Ballon d'Or Setelah Memenangkan Piala Dunia 2022

Lionel Messi Digadang - Gadang Bisa Meraih Super Ballon d'Or Setelah Memenangkan Piala Dunia 2022

23 Desember 2022
Sumber Gambar cnnindonesia.com

Percakapan berkaitan penghargaan Super Ballon d Or patut diberi di Lionel Messi, muncul habis Argentina juara Piala Dunia 2022. Pria berumur 35 tahun itu dijagokan akan jadi pesepak bola seterusnya yang meraih kemenangan penghargaan sangat jarang Super Ballon d Or. Riwayat mendata, tidak banyak pesepak bola hebat dunia yang sukses terima penghargaan Super Ballon d'Or.

Legenda Real Madrid Alfredo Di Stefano pernah dikaruniakan penghargaan itu. Dia jadi pemenangnya di tahun 1989 atau 33 tahun yang lalu. Mulai sejak itu, belum sempat kembali pemain sepak bola mana saja yang sukses terima anuegerah Super Ballon d'Or. Harus tahu, Super Ballon d'Or merupakan penghargaan paling tinggi dari Ballon d'Or. Trophy pribadi itu cuma dikeluarkan untuk pemain yang dipandang bisa tampil amat baik pada 30 tahun profesinya.

Penghargaan itu jarang ditampakkan. Faktanya karena amat susah untuk cari pemain yang sama sesuai syarat-syarat yang diputuskan. Pemain bintang Argentina, Lionel Messi, berkesempatan mencapai trophy itu.

Baca JugaDipatuk Anak Ular King Cobra Alprih Mantan Asisten Panji Petualang Meninggal Dunia Berikut Kronologi Kejadiannya

Pemain dari Argentina itu terima trophy pribadi paling besar dalam riwayat sepak bola itu selesai ia tampil demikian impresif bersama Real Madrid. Messi udah memeluk predikat menjadi GOAT (Greatest of All Time) saat bela Barcelona dengan mencapai trophy di cakupan liga lokal, sampai invitasi Eropa. Dengan trophy Piala Dunia FIFA pada tangan, jadi lengkaplah koleksi trophy berprestise yang dicapai Messi.

Apa Itu Ballon d'Or

Sumber Gambar sportsadda.com

Ballon d'O atau Bola Emas ialah sebuah penghargaan sepak bola tahunan. Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang mengharap beberapa rekannya untuk menunjuk pemain terhebat di Eropa di tahun 1956. Juara pertamanya ialah Stanley Matthews dari Blackpool.

Awalannya, cuma peliput yang bisa menunjuk pemain dari negara Eropa yang main di club-club Eropa, yang memiliki arti jika pemain seperti Diego Maradona (yang main di club sepak bola Eropa, namun bukan asal dari Eropa) serta Pelé (yang tidak main untuk club Eropa pun tidak dari Eropa) tidak penuhi persyaratan untuk terima penghargaan ini.

Perombakan ketentuan diperlakukan di tahun 1995 hingga memungkinnya beberapa pemain non-Eropa untuk mendapati penghargaan ini apabila mereka main untuk club Eropa. Pemain non-Eropa pertama-tama yang meraih kemenangan penghargaan ini ialah pemain A.C. Milan, George Weah di tahun yang serupa.

Baca JugaChat GPT: Apa Itu Chat GPT, Kelebihan Kekurangannya Dan Penjelasan Lainnya 

Di tahun 2007, tiap-tiap pemain di dunia penuhi persyaratan untuk diputuskan serta dipilih, serta peliput yang punya hak untuk memilih pun bertambah banyak; 96 peliput dari penjuru dunia menunjuk lima pemain, awalnya cuma 52 peliput yang berbasiskan di Eropa di tahun 2006.

Ballon d'Or serta penghargaan Pemain Terhebat Dunia FIFA dicampurkan di tahun 2010 serta pemain pria terhebat di dunia sejak mulai itu udah dikaruniakan FIFA Ballon d'Or tiap-tiap tahunnya. Di tahun 2016, Ballon d'Or jadi lagi punya majalah France Football selesai kontrak dengan FIFA habis.

Apa Yang Dimaksud Super Ballon d'Or

Waktu dikenalkan oleh majalah France Football, ditulis pelbagai sumber, cuma ada satu Super Ballon d'Or yang dikeluarkan. Itu terjadi di 1989 yang lalu. Penghargaan itu diserahkan kepada legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano. Ia mencapainya dengan menaklukkan Michel Platini, Johan Cruyff, Franz Beckenbauer, sampai Karl-Heinz Rummenigge.

Apa Perbedaan Antara Penghargaan Super Ballon d'Or Serta Ballon d'Or

Ballon d'Or diberi tiap-tiap tahun pada pesepak bola terhebat yang dipandang menurut performa serta kesuksesan mereka dalam satu tahun persaingan. Ada tiga faksi yang punya hak nada dalam voting pemilihan peraup penghargaan Ballon d'Or, mereka ialah pelatih, kapten, serta seorang reporter dari semasing negara anggota FIFA.

Ballon d'Or digagas oleh penulis olahraga Gabriel Hanot serta Jacques Ferran, penghargaan itu udah diberi oleh France Football mulai sejak 1956. Awalannya, penghargaan itu cuma untuk pemain sepak bola Eropa serta diketahui menjadi penghargaan "European Footballer of the Year Award. Tetapi, di tahun 1995, diperlebar untuk masukkan semuanya pemain dari asal mana saja yang pernah sempat aktif di club-club Eropa.

Stanley Matthews dari Inggris ialah juara Ballon d'Or pertama, dengan Karim Benzema yang menerima teranyar selesai cetak 44 gol dalam 46 laga untuk menolong Real Madrid meraih kemenangan Liga Champions musim 2021-2022. Lionel Messi udah meraih kemenangan Ballon d'Or di tujuh peluang sekalian yang paling banyak dari pemain sepak bola mana saja dalam riwayat.

Kebalikannya, cuma ada satu Super Ballon d'Or yang diberi. Di Stefano-lah yang terima hadiah yang langka di tahun 1989, menjadi penghargaan kehormatan dari France Football untuk kembali mengenang pemain sepak bola jempolan dalam tiga dasawarsa paling akhir. Legenda Real Madrid menaklukkan Johan Cruyff serta Michel Platini untuk meraih kemenangan Super Ballon d'Or. Trophy Super Ballon d'Or cukup serupa seperti Ballon d'Or tetapi sama tambahan susunan bertakhta permata rubi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama