Teknologi Pangan untuk Menjaga Pasokan Makanan Sehat Selama Pandemi COVID-19

Teknologi Pangan untuk Menjaga Pasokan Makanan Sehat Selama Pandemi COVID-19

29 Desember 2022

Teknologi Pangan untuk Menjaga Pasokan Makanan Sehat Selama Pandemi COVID-19

Makanan sehat dan memiliki nutrisi tinggi mempunyai peranan penting dalam jaga kekebalan badan masih tetap fit. Warga harus tingkatkan pola hidup yang lebih sehat untuk menangani kompleksitas saat COVID-19.

Satu diantaranya dengan konsumsi pangan fungsional yang bisa tingkatkan ketahanan tubuh. Pangan fungsional merujuk pada pangan yang elemen berbahan memberi imbas positif pada kesehatan badan atau kurangi resiko terserang penyakit, selain memberi gizi untuk badan.


Contoh pangan fungsional yang gampang didapatkan, murah, dan bisa tingkatkan kebal pada beberapa penyakit - seperti kardiovaskular, pernapasan, dan diabetes - ialah tomat, minyak ikan, bawang putih, jahe, kuyit, labu, dan lain-lain. Bahan pangan itu mempunyai elemen senyawa aktif alami seperti karotenoid, kurkumin, kuersitin, ketekin, gingerol, dan yang lain yang mempunyai afinitas ikatan yang berarti pada sasaran khusus di beberapa penyakit.

Pandemi COVID-19 sudah memunculkan banyak rintangan untuk mekanisme pertanian dan distribusi makanan di penjuru dunia. Sebagai tanggapan pada permasalahan ini, beberapa trend teknologi pangan sudah ada untuk menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah. Berikut ialah tiga trend itu:

  • Pertanian yang terpadu dengan tehnologi
Pertanian yang terpadu dengan tehnologi (agtech) sebagai salah satunya trend teknologi pangan yang berkembang cepat. Agtech memakai tehnologi seperti sensor, drone, dan internet of things (IoT) untuk menolong petani dalam mengurus tanaman dan tempat lebih efektif. Ini menolong kurangi saat yang diperlukan untuk memantau tanaman, dan menolong tingkatkan keproduktifan dan kualitas tanaman. Disamping itu, agtech dapat menolong kurangi keperluan akan pupuk dan pestisida, yang bisa menolong jaga kesegaran makanan dan kurangi imbas negatif pada lingkungan.
  • Distribusi makanan yang lebih efektif 
Sepanjang wabah, beberapa orang yang berasa tidak nyaman untuk ke toko kelontong atau pasar tradisionil untuk beli makanan. Maka dari itu, trend teknologi pangan yang berkembang ialah distribusi makanan yang lebih efektif lewat pemakaian tehnologi seperti program pemesanan makanan online dan mekanisme pengangkutan automatis. Ini menolong kurangi adu fisik di antara konsumen dan penjual, dan mempermudah orang untuk mendapat makanan yang sehat tak perlu keluar dari rumah.
  • Pendayagunaan tehnologi pertanian hidroponik
Pertanian hidroponik sebagai sistem pertanian yang memakai air dan gizi dibanding tanah untuk tumbuhkan tanaman. Tehnologi ini bisa menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah karena bisa dioperasionalkan dalam ruangan dan tidak bergantung pada cuaca atau keadaan cuaca yang tidak konstan. Disamping itu, pertanian hidroponik dapat hasilkan tanaman dengan kualitas yang lebih bagus dan bisa kurangi keperluan akan pupuk dan pestisida.

Dengan begitu, trend teknologi pangan seperti pertanian yang terpadu dengan tehnologi, distribusi makanan yang lebih efektif, dan pendayagunaan tehnologi pertanian hidroponik bisa menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19. Tetapi, harus diingat jika tehnologi tidak bisa menuntaskan permasalahan suplai makanan secara sendirian. Dibutuhkan kerja-sama yang efisien di antara pemerintahan, bidang swasta, dan warga untuk menangani permasalahan ini secara mendalam.


Disamping itu, harus diingat jika tehnologi harus dipakai dengan arif dan jangan dijadikan jalan keluar gampang untuk permasalahan yang kompleks. Implementasi tehnologi harus dilaksanakan dengan memerhatikan beberapa prinsip keadilan dan kesetaraan, dan jangan bikin rugi kebutuhan warga atau lingkungan. Dengan begitu, tehnologi bisa memberi faedah yang riil untuk warga dan jadi jalan keluar yang efisien untuk jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19.

Selainnya trend teknologi pangan yang sudah disebut sebelumnya, ada banyak trend yang lain dapat menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19, diantaranya:

  • Pertanian Organik
Pertanian organik ialah sistem pertanian yang tidak memakai pestisida sintetis atau pupuk kimia, hingga bisa hasilkan makanan yang lebih sehat dan tidak memiliki kandungan bahan kimia beresiko. Disamping itu, pertanian organik dapat menolong jaga kesegaran makanan dan kurangi imbas negatif pada lingkungan.

  • Pertanian terus-menerus
Pertanian terus-menerus sebagai sistem pertanian yang memerhatikan kebersinambungan lingkungan, sosial, dan ekonomi. Dengan begitu, pertanian terus-menerus bisa menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah karena bisa pastikan jika pertanian terus berjalan baik dari pemikiran ekologis, sosial, dan ekonomi.

  • Pendayagunaan tehnologi pemrosesan makanan
Tehnologi pemrosesan makanan bisa menolong jaga kesegaran makanan dan perpanjang usia taruh makanan. Disamping itu, tehnologi pemrosesan makanan dapat menolong tingkatkan kualitas makanan dan kurangi resiko berlangsungnya kebocoran makanan.

Dengan begitu, trend teknologi pangan seperti pertanian organik, pertanian terus-menerus, dan pendayagunaan tehnologi pemrosesan makanan dapat menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19. Tetapi, harus diingat jika trend teknologi pangan ini harus dilaksanakan dengan memerhatikan beberapa prinsip keadilan dan kesetaraan, dan tidak bikin rugi kebutuhan warga atau lingkungan.

Selainnya trend teknologi pangan yang sudah disebut sebelumnya, ada banyak trend yang lain dapat menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19, diantaranya:

  • Pemakaian tehnologi dalam mekanisme distribusi makanan
Pemakaian tehnologi seperti program pemesanan makanan online dan mekanisme pengangkutan automatis bisa menolong tingkatkan efektivitas mekanisme distribusi makanan. Ini bisa menolong kurangi saat yang diperlukan untuk mengirimi makanan dari petani ke customer, hingga bisa jaga kesegaran makanan.

  • Pendayagunaan tehnologi pemrosesan makanan
Tehnologi pemrosesan makanan bisa menolong tingkatkan kualitas makanan dan perpanjang usia taruh makanan. Disamping itu, tehnologi pemrosesan makanan dapat menolong kurangi resiko berlangsungnya kebocoran makanan.

  • Pendayagunaan tehnologi pertanian ramah lingkungan
Tehnologi pertanian ramah lingkungan sebagai tehnologi yang bisa menolong jaga kesegaran makanan dan kurangi imbas negatif pada lingkungan. Misalnya ialah tehnologi pertanian hidroponik yang sudah disebut awalnya.

Baca Jugaobat tipes herbal

Dengan begitu, trend teknologi pangan seperti pemakaian tehnologi dalam mekanisme distribusi makanan, pendayagunaan tehnologi pemrosesan makanan, dan pendayagunaan tehnologi pertanian ramah lingkungan dapat menolong jaga suplai makanan sehat sepanjang wabah COVID-19. Tetapi, harus diingat jika trend teknologi pangan ini harus dilaksanakan dengan memerhatikan beberapa prinsip keadilan dan kesetaraan, dan tidak bikin rugi kebutuhan warga atau lingkungan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama