5 Manfaat Bermain Lato-Lato Bagi Anak

5 Manfaat Bermain Lato-Lato Bagi Anak

04 Januari 2023

5 Manfaat Bermain Lato-Lato Bagi Anak

Lato-lato sekarang trending dan banyak dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Walau nampaknya monoton, rupanya lato-lato sanggup latih sensorik dan motorik pada anak. Walau berkesan monoton hanya karena memakai dua bandul yang diikat tali pada suatu tongkat, tetapi anak belajar mengontrol pergerakan pada tangannya sendiri," kata psikiater Viera Adella.

Efektifitas dari lato-lato benar-benar bergantung pada langkah anak dikasih peluang dan rintangan untuk mengeksploitasi, dan dikasih keterangan atau tuntunan agar meningkatkan ketrampilannya.

Disamping itu, apa anak dikasih animo saat sukses dan dimotivasi untuk coba kembali saat tidak berhasil. Pokoknya, semua permainan jadi efisien saat perannya dimengerti dan dirasa oleh anak.

"Dibanding dengan gawai, lato-lato memberikan kesan atau pengalaman sensorik yang lain pada anak. Khususnya saat lakukan beberapa gerakan ritmis (berirama), anak lebih dituntut memadukan dan mengoordinasikan pandangan (visual) dan motoriknya," sebut Viera.

5 Manfaat Bermain Lato-Lato Bagi Anak

Bermain lato-lato atau yang kerap dikenali dengan panggilan "jumping rope" sebagai salah satunya olahraga yang membahagiakan dan berguna untuk anak-anak. Berikut beberapa faedah yang bisa anak-anak dapatkan dari bermain lato-lato :

  • Tingkatkan Koordinir Mata-Tangan
Anak-anak yang kerap bermain lato-lato akan terlatih lakukan pergerakan yang memerlukan koordinir mata-tangan yang bagus. Ini bisa tingkatkan kekuatan motorik lembut anak-anak dan tingkatkan fokus mereka.

  • Tingkatkan Kemampuan Otot
Selainnya tingkatkan koordinir mata-tangan, bermain lato-lato dapat menolong tingkatkan kemampuan otot anak-anak. Olahraga ini khususnya bisa perkuat otot kaki, paha, dan betis anak-anak.

  • Tingkatkan Kesehatan Jantung
Bermain lato-lato sebagai salah satunya langkah yang efisien untuk tingkatkan kesehatan jantung anak-anak. Olahraga ini bisa menolong tingkatkan renyut jantung dan perkuat mekanisme kardiovaskular anak-anak.

  • Tingkatkan Kecepatan dan Agilitas
Anak-anak yang kerap bermain lato-lato akan terbiasa untuk lakukan pergerakan yang cepat dan gesit. Ini bisa menolong tingkatkan kecepatan dan agilitas anak-anak, yang berguna untuk beragam kegiatan fisik yang lain.

  • Tingkatkan Kesehatan
Bermain lato-lato sebagai salah satunya olahraga yang bisa menolong tingkatkan kesehatan anak-anak. Olahraga ini bisa membakar kalori dan menolong jaga berat tubuh anak-anak masih tetap bagus.

  • Membahagiakan
Paling akhir, bermain lato-lato sebagai salah satunya olahraga yang membahagiakan untuk anak-anak. Anak-anak bisa bermain lato-lato bersama rekan-rekan mereka dan berasa suka beraktivitas fisik yang membahagiakan ini.

Dengan begitu, bermain lato-lato sebagai salah satunya olahraga yang berguna untuk anak-anak. Selainnya membahagiakan, olahraga ini dapat juga menolong tingkatkan koordin mata-tangan, kemampuan otot, kesehatan jantung, kecepatan dan agilitas, dan kesehatan anak-anak.

Disamping itu, bermain lato-lato bisa menjadi salah satunya langkah yang efisien untuk kurangi depresi dan tingkatkan keceriaan anak-anak. Dengan lakukan olahraga ini dengan teratur, anak-anak bisa keluarkan energi yang ada dalam badan dan berasa lebih fresh sesudahnya.


Tetapi, seharusnya anak-anak tidak lakukan olahraga ini kelamaan atau berlebihan, karena bisa mengakibatkan kecapekan dan kelelahan. Yakinkan anak-anak memakai lato-lato yang sesuai ukuran dan kekuatan mereka supaya tidak ada cidera ketika bermain.

Bermain lato-lato sebagai salah satunya olahraga yang membahagiakan dan berguna untuk anak-anak. Yakinkan anak-anak Anda lakukan olahraga ini dengan teratur untuk memperoleh faedah yang maksimal.

Selainnya faedah yang sudah disebut sebelumnya, bermain lato-lato dapat tingkatkan kesetimbangan dan kemampuan otot badan anak-anak keseluruhannya. Anak-anak yang kerap lakukan olahraga ini akan terbiasa untuk menyamakan badan mereka saat lakukan beberapa gerakan yang aktif.

Bermain lato-lato bisa menjadi salah satunya langkah yang efisien untuk tingkatkan kepandaian anak-anak. Lewat olahraga ini, anak-anak bisa perkuat fokus dan kekuatan perpecahan permasalahan mereka. Disamping itu, bermain lato-lato dapat menolong tingkatkan kekuatan anak-anak dalam ikuti ketentuan dan mengontrol pergerakan badan mereka.


Bermain lato-lato dapat tingkatkan rasa optimis anak-anak. Anak-anak yang terbiasa saat lakukan olahraga ini akan berasa lebih optimis dalam hadapi beragam rintangan fisik yang kemungkinan ditemui.

Dengan begitu, bermain lato-lato sebagai salah satunya olahraga yang membahagiakan dan berguna untuk anak-anak. Selainnya tingkatkan koordinir mata-tangan, kemampuan otot, kesehatan jantung, kecepatan dan agilitas, dan kesehatan, olahraga ini dapat juga tingkatkan kesetimbangan, kepandaian, dan rasa optimis anak-anak. Yakinkan anak-anak Anda lakukan olahraga ini dengan teratur untuk memperoleh faedah yang maksimal.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama