Cara Mengatasi Klaim Asuransi yang Ditolak

Cara Mengatasi Klaim Asuransi yang Ditolak

05 Januari 2023
Cara Mengatasi Klaim Asuransi yang Ditolak

Klaim Asuransi ialah keinginan ganti rugi dari pemegang polis asuransi ke perusahaan asuransi untuk menukar rugi atau kerusakan yang terjadi pada benda yang diasuransikan. Tetapi, sering klaim asuransi ditampik oleh perusahaan asuransi. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan klaim asuransi ditampik, salah satunya ialah :
  • Claim tidak sesuai tipe asuransi yang diambil 
Yakinkan untuk membaca dengan cermat persyaratan dan ketetapan pada polis asuransi yang Anda punyai, hingga Anda ketahui apa yang terhitung dalam capaian asuransi Anda.
  • Tidak ada bukti yang cukup buat memberikan dukungan claim 
Supaya claim bisa diterima, Anda harus memberi bukti yang cukup buat memberikan dukungan claim itu. Dapat berbentuk laporan polisi, photo, atau document yang lain berkaitan.
  • Peristiwa yang disampaikan tidak ada pada periode pemegangan polis asuransi 
Yakinkan untuk memeriksa kembali tanggal pemegangan polis asuransi Anda, karena peristiwa yang disampaikan harus terjadi pada periode pemegangan polis itu.
  • Peristiwa yang disampaikan dipandang seperti resiko yang sudah diperingatkan
Baca dengan cermat apa resiko yang tertera pada polis asuransi Anda, karena peristiwa yang tertera sebagai resiko tidak dijamin oleh perusahaan asuransi.

Berikut Langkah-Langkah Jika Klaim Asuransi Anda Ditolak

Bila klaim asuransi Anda ditampik, ada banyak cara yang bisa Anda kerjakan :
  • Jumpai agen asuransi atau perwakilan perusahaan asuransi yang berkaitan
Bahas sama mereka kenapa claim ditampik dan mencari tahu apakah yang bisa Anda kerjakan untuk membenahi permasalahan itu.
  • Pakai customer service perusahaan asuransi
Beberapa perusahaan asuransi mempunyai customer service yang bisa dikontak lewat telephone atau e-mail. Anda bisa mengontak service itu untuk ketahui selanjutnya kenapa claim ditampik dan apa yang bisa Anda kerjakan untuk melakukan perbaikan.
  • Kontak ombudsman asuransi. Bila Anda berasa tidak senang dengan keputusan perusahaan asuransi
Bila belum juga tersudahi, Anda bisa ajukan banding atau perantaraan. Banding ialah proses pengajuan berkeberatan pada keputusan perusahaan asuransi yang bisa dilaksanakan lewat Kantor Ombudsman Asuransi Indonesia (KOAI). Sementara perantaraan ialah proses pengerjaan perselisihan lewat mediator oleh tubuh perantara yang mandiri.


Paling akhir, Anda dapat ajukan tuntutan ke pengadilan, terlebih bila berasa keputusan perusahaan asuransi tidak adil. Tetapi, seharusnya pikirkan secara baik dan yakinkan untuk mempunyai bukti yang lumayan kuat saat sebelum memilih untuk bertindak hukum.

Langkah Tambahan Jika Suatu Saat Klaim Asuransi Anda Ditolak

Langkah Tambahan Jika Suatu Saat Klaim Asuransi Anda Ditolak


Sebagai tambahan, ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan untuk kurangi peluang klaim asuransi ditampik di masa datang, salah satunya ialah:
  1. Baca dengan cermat persyaratan dan ketetapan polis asuransi saat sebelum beli.
  2. Yakinkan untuk memberi info yang tepat dan komplet saat membuat polis asuransi.
  3. Beri bukti yang cukup buat memberikan dukungan claim, seperti photo, laporan polisi, atau document yang lain berkaitan.
  4. Taruh semua document yang terkait dengan asuransi, seperti polis asuransi, bukti pembayaran premi, dan document yang lain berkaitan.
  5. Melapor peristiwa selekasnya sesudah terjadi, supaya proses claim bisa jalan secara lancar.
Dengan memerhatikan beberapa hal itu, Anda bisa kurangi peluang klaim asuransi ditampik oleh perusahaan asuransi. Tidak boleh sangsi untuk menanyakan ke agen atau perwakilan perusahaan asuransi bila ada sesuatu hal yang tidak Anda ketahui dalam polis asuransi Anda.

Sebagai tambahan, ada banyak panduan yang bisa Anda kerjakan untuk tingkatkan kesuksesan klaim asuransi, yakni :
  • Tidak boleh tunda untuk memberikan laporan peristiwa. Selekasnya melapor peristiwa sesudah terjadi supaya proses claim bisa jalan secara lancar.
  • Masukkan semua document yang berkaitan dalam pengajuan claim. Yakinkan untuk mengikutkan semua document yang dibutuhkan, seperti polis asuransi, bukti pembayaran premi, dan document yang lain berkaitan.
  • Beri info yang tepat dan komplet dalam pengajuan claim. Yakinkan untuk memberi info yang tepat dan komplet mengenai peristiwa yang terjadi, supaya proses claim bisa jalan secara lancar.
  • Pakai customer service perusahaan asuransi. Customer service perusahaan asuransi bisa menolong Anda dalam ajukan claim dan menuntaskan permasalahan yang kemungkinan terjadi sepanjang proses claim.
Jika berasa tidak senang dengan keputusan perusahaan asuransi, Anda bisa memakai service ombudsman asuransi atau ajukan banding atau perantaraan.


Dengan memerhatikan beberapa hal itu, Anda bisa tingkatkan kesuksesan klaim asuransi yang disodorkan. Tidak boleh sangsi untuk mengontak agen atau perwakilan perusahaan asuransi bila Anda mempunyai pertanyaan atau keluh kesah berkaitan klaim asuransi yang ditampik.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama