Cara Memasang Set Top Box Pada TV Led - Dellixnews

Tips Memasang Set Top Box Pada TV LED

@Kliniktekno.com

Beberapa waktu ini di pemerintahan sedang mengerjakan program migrasi tayangan tv analog jadi tayangan tv digital. Migrasi ini diharap tuntas paling lambat tanggal 2 November 2022. Perihal ini dikerjakan untuk menaikkan kwalitas tayangan tv jadi lebih baik. Satu diantaranya yakni siaran pada tayangan digital makin lebih bersih serta tajam. Pemerintahan lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) benar-benar melaksanakan pemberhentian tayangan TV analog yang telah diawali semenjak tanggal 30 April 2022. Warga yang penuhi kriteria juga dapat memperoleh set top box gratis dari pemerintahan.

Akan tetapi, rupanya bukan hanya TV style lama alias tabung yang perlu set top box. Masalahnya tidak semuanya TV sejenis LCD/LED dapat tangkap tayangan digital, terlebih untuk brand yang belum bersertifikasi Kominfo.Tak perlu beli piranti tv baru untuk rasakan kemewahan tayangan TV digital, seperti gambar bersih, nada jernih, technologi mutakhir: dimulai dari info peringatan awal saat berlangsungnya musibah alam disekitaran warga atau Early Warning Sistem (EWS). TV analog bisa digunakan waktu tayangan digital mengudara.

Baca Jugacara mendapatkan set top box tv digital kominfo gratis

"Bukan berarti TV tabung tidak mampu terima digital, mampu (terima tayangan TV digital) asal terpasang set top box," papar Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Sebelumnya menempatkan set top box TV digital ini, sahabat artikelinstan perhatikan lebih dulu apa di wilayah kalian telah ada tayangan TV digital. Langkah ketahuinya, dapat memakai program Signal TV Digital yang ada di Play Store serta App Toko. Buat kalian beberapa pemilik TV analog, pastinya memerlukan set top box (STB) agar bisa nikmati tayangan TV digital. Nach, ini ada cara gampang pasang set top box di TV Analog.

Metode Memasangkan Set Top Box di TV LCD/LED

Teknik pasang set hebat box pada TV LCD atau LED tidak jauh berbeda dengan TV analog, tapi lebih simpel sebab bisa memakai kabel HDMI. Kabel HDMI lantas hasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman dilihat.

  1. Berikut langkah memasangkan set top box di TV LED:
  2. Persiapkan piranti STB dan TV LED/LCD.
  3. Persiapkan kabel HDMI (membeli terpisah).
  4. Sambungkan kabel antena ke port ANT-IN di STB.
  5. Colokkan kabel HDMI dari STB ke TV sama sesuai port.
  6. Hubungkan STB dengan kabel RCA.
  7. Hidupkan TV dan pencet tombol Source di remote.
  8. Alihkan ke model HDMI atau audio/video.
  9. Hidupkan STB, tunggu hingga ada penampilan menu.
  10. Pencet tombol Menu pada remote
  11. Tentukan pilihan Penelusuran Tayangan, lalu Penelusuran Automatis.
  12. Nantikan semua aliran dipindai.
  13. Tentukan pilihan taruh dan usai.

Apa Saja Kelengkapan Set Top Box?

Kamu harus pastikan kalau piranti ini telah memberikan dukungan jaringan TV digital di Indonesia sama dengan standarisasi Kominfo, yaitu Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Seharusnya tidak memakai piranti STB yang belum memberikan dukungan jaringan DVB-T2. Kemudian, perlu diingat untuk pastikan kelengkapan STB yang kamu punya saat sebelum memasangkannya ke TV tabung atau LED/LCD.

Berikut kelengkapan piranti STB yang perlu kamu lihat :

  1. Piranti set hebat box
  2. Kabel antena
  3. Adaptor atau pengisi daya
  4. Kabel LAN dan WLAN
  5. Kabel RCA
  6. Remote dan batterynya
  7. Kabel HDMI (bila ada)

Selainnya kelengkapan di atas, kamu perlu mengecek port yang ada di set hebat box berikut:

  1. Port RCA
  2. Port HDMI
  3. Port USB
  4. Port adaptor
  5. Port LAN
  6. Port ANT IN dan ANT OUT
  7. Slots MicroSD (bila ada)

Langkah Menghubungkan Antena ke Set Hebat Box

@teknisitv.com

Menjadi yang perlu dilaksanakan pertama kali ialah melepaskan ikatan kabel antena yang menancap ke TV dan terpasang ke STB. Connector atau port umumnya berada di bagian belakang STB. Connector antena terpasangkan pada port yang memiliki label ANT IN (umumnya) pada STB.

Referensi Set Top Box Terbaik

Set top box beberapa waktu terakhir ini laku manis untuk dipakai melihat service TV digital di dalam rumah. Peranan intinya ialah tangkap signal digital yang selanjutnya diubah jadi data analog untuk diperlihatkan ke monitor TV. Selainnya melihat acara TV lewat program, kamu bisa juga melihat dengan memakai piranti itu di TV. Ada beberapa piranti set top box dengan beragam merk di pasar yang dapat dipakai.

Agenda Suntik Mati TV Analog di Indonesia

  • ASO Tahapan 1 pada 30 April 2022 meliputi 56 daerah tayangan di 166 kabupaten/kota
  • ASO Tahapan 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 daerah tayangan di 110 kabupaten/kota
  • ASO Tahapan 3 pada 2 November 2022 meliputi 25 daerah tayangan di 63 kabupaten/kota.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama